GIZELA MERLIANI HENDRA RISTANTI, 071311633112 (2017) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN E-SAMSAT SEBAGAI MEDIA PELAYANAN INFORMASI MASYARAKAT SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
|
Text (ABSTRAK)
Fis.IIP.110.17 . Ris.e - ABSTRAK.pdf Download (250kB) | Preview |
|
Text (FULLTEXT)
Fis.IIP.110.17 . Ris.e - SEC.pdf Restricted to Registered users only until 20 December 2020. Download (1MB) | Request a copy |
||
|
Text (FULL ARTICLE)
Fis.IIP.110.17 . Ris.e - JURNAL.pdf Download (285kB) | Preview |
Abstract
Instansi pemerintah yang melayani kepentingan masyarakat dalam hal pajak adalah Kantor Bersama Samsat. Intansi terebut menyelenggarakan pelayanan publik dalam hal pembayaran pajak kendaraan bermotor. Sektor penerimaan negara terbesar adalah berasal dari pajak, salah satunya yaitu pajak kendaraan bermotor. Hal terlihat dari jumlah kendaraan bermotor di Jawa Timur hingga Agustus 2016 ini mencapai 16,6 juta lebih. Namun jumlah kendaraan sebanyak 16,6 juta lebih menunggak membayar pajak nilainya mencapai lebih dari Rp 300 miliar. Kemudian pendapatan dari bea balik nama (BBN) kedua dan seterusnya mencapai sekitar Rp 45 miliar dalam kurun waktu tiga bulan mulai September sampai Desember 2016. Dalam rangka meningkatkan kinerja pelayanan publik yang efektif, maka dibuatlah program E-Samsat. Tujuan penelitian ialah untuk mendeskripsikan efektivitas penggunaan E-Samsat sebagai media pelayanan informasi bagi masyarakat Surabaya. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Sampel daam penelitian ini ialah pengguna layanan E-Samsat yang ada pada Samsat Surabaya Timur sebanyak 100 orang dengan penggunaan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni kuesioner. Teknik analisa data menggunakan analisis statistik deskriptif, uji validitas dan reliabilitas. Hasil kesimpulan menunjukan bahwa penggunaan E-Samsat sebagai media pelayanan informasi dirasakan efektif bagi masyarakat dalam prosedur pelayanan, biaya pelayanan, sarana dan prasarana serta kompetensi petugas pemberi pelayanan, sedangkan untuk waktu penyelesaian dan produk pelayanan masih dirasakan cukup efektif.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK2 Fis.IIP.110/17 Ris e | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Prosedur Pelayanan | ||||||
Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science | ||||||
Divisions: | 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Mr Binkol1 1 | ||||||
Date Deposited: | 15 Jan 2018 19:04 | ||||||
Last Modified: | 15 Jan 2018 19:04 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68432 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |