PENGARUH SUSTAINABILITY REPORTING DISCLOSURE TERHADAP PERILAKU OPORTUNISTIK MANAJEMEN DENGAN INVESTMENT OPPORTUNITY SET SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI

MARISABELLA SIMANULLANG, 041311333215 (2018) PENGARUH SUSTAINABILITY REPORTING DISCLOSURE TERHADAP PERILAKU OPORTUNISTIK MANAJEMEN DENGAN INVESTMENT OPPORTUNITY SET SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (21kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 10 January 2021.

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan bukti empiris mengenai pengaruh sustainability reporting disclosure terhadap perilaku oportunistik manajemen dengan investment opportunity set (IOS) sebagai variabel pemoderasi. Sustainability reporting disclosure diukur menggunakan sustainability reporting disclosure index (SRDI), perilaku oportunistik manajemen diproksikan dengan manajemen laba, sedangkan IOS diukur menggunakan rasio berdasarkan harga. Penelitian ini menggunakan 24 perusahaan seluruh sektor (kecuali sektor keuangan) yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2014-2016, yang dipilih dengan metode purposive sampling. Data dianalisis dengan menggunakan Moderate Regression Analysis dengan tingkat kepercayaan 5% dan menggunakan bantuan SPSS. Berdasarkan hasil analisis untuk hipotesis pertama dapat disimpulkan bahwa sustainability reporting disclosure berpengaruh signifikan terhadap perilaku oportunistik manajemen, artinya manajer akan menggunakan aspek pengungkapan pada laporan keberlanjutan guna mengalihkan investor dari kehadiran manajemen laba. Sementara itu, hasil uji untuk hipotesis kedua menyatakan bahwa IOS tidak memoderasi pengaruh sustainability reporting disclosure terhadap perilaku oportunistik manajemen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK A 368/17 Sim p
Uncontrolled Keywords: sustainability reporting disclosure, manajemen laba, investment opportunity set.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
MARISABELLA SIMANULLANG, 041311333215UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDian Agustia, Prof. Dr. Hj. , SE, M.Si., Ak., CMA, CAUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 09 Jan 2018 18:53
Last Modified: 09 Jan 2018 18:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68848
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item