EFEKTIFITAS PEMBERIAN MINYAK ESENSIAL KULIT BUAH Citrus limon L.0,78% TOPIKAL TERHADAP PENINGKATAN JUMLAH MAKROFAG PADA PENYEMBUHAN ULKUS TRAUMATIKUS TIKUS WISTAR DIABETIK

INDI MAZAYA SYARIFAH, 021411131017 (2018) EFEKTIFITAS PEMBERIAN MINYAK ESENSIAL KULIT BUAH Citrus limon L.0,78% TOPIKAL TERHADAP PENINGKATAN JUMLAH MAKROFAG PADA PENYEMBUHAN ULKUS TRAUMATIKUS TIKUS WISTAR DIABETIK. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KG 07-18 Sya e ABSTRACT.pdf

Download (135kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KG 07-18 Sya e SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 16 January 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang : Diabetes Melitus (DM) merupakan penyakit metabolik yang ditandai dengan hiperglikemia. Hiperglikemia dapat menyebabkan proses penyembuhan ulkus traumatikus terganggu karena adanya penurunan jumlah infiltrasi makrofag yang bermigrasi menuju jaringan luka. Citrus limon mengandung Asam Fumarat, D-Limonene, citral dan L-Linalool dapat mempercepat penyembuhan luka pada ulkus traumatikus. Tujuan: Membuktikan efektifitas pemberian minyak esensial kulit buah Citrus limon L. 0,78% topikal terhadap peningkatan jumlah makrofag pada penyembuhan ulkus traumatikus tikus wistar diabetik. Metode: Minyak esensial kulit buah Citrus limon didapatkan dengan metode distilasi uap. Tikus wistar sebanyak 28 ekor dibagi menjadi 4 kelompok dan diinduksi dengan STZ sehingga tikus mengalami DM. Tikus wistar diabetik dibuat ulkus traumatikus dengan menyentuhkan burnisher yang telah dipanaskan pada mukosa labial. Ulkus traumatikus pada 2 kelompok kontrol diberikan minyak esensial kulit buah Citrus limon dalam bentuk gel secara topikal, 2 kelompok yang lain diberikan CMC-Na 3% dalam bentuk gel secara topikal. Pada hari ketiga dan kelima tikus wistar dimatikan dan diambil mukosa labialnya, kemudian jaringan diproses menjadi preparat untuk dilakukan penghitungan jumlah makrofag. Hasil: Jumlah makrofag pada kelompok dengan pemberian minyak esensial kulit buah Citrus limon lebih tinggi dari krlompok dengan pemberian CMC-Na 3%. Kesimpulan: Pemberian minyak esensial kulit buah Citrus limon L. 0,78% topikal efektif meningkatkan jumlah makrofag pada penyembuhan ulkus traumatikus tikus wistar diabetik pada hari ketiga dan hari kelima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK KG 07/18 Sya e
Subjects: R Medicine > RB Pathology
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi > Patologi & Maxifacial
Creators:
CreatorsNIM
INDI MAZAYA SYARIFAH, 021411131017UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDiah Savitri Ernawati, drg., M.Si., Sp.PMUNSPECIFIED
Thesis advisorIwan Hernawan, Dr., drg., M.Kes., Sp.PMUNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 15 Jan 2018 21:14
Last Modified: 15 Jan 2018 21:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/69002
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item