PERBANDINGAN PEMBERIAN PROPOFOL DAN THIOPENTAL SEBAGAI ANESTETIKA UMUM PADA ANJING TERHADAP KECEPATAN INDUKSI LAMA ANESTESI DAN WAKTU PULIH

SRI SULIS IRIANTARI, 068911668 (1994) PERBANDINGAN PEMBERIAN PROPOFOL DAN THIOPENTAL SEBAGAI ANESTETIKA UMUM PADA ANJING TERHADAP KECEPATAN INDUKSI LAMA ANESTESI DAN WAKTU PULIH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KKC KK FKH 894.95 Iri p.pdf

Download (179kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dari hasil penelitian tentang pengaruh Propofol dan Thiopental sebagai anestetika umum terhadap kecepatan induksi, lama anestesi dan wakt~ pulih pada anjing dapat disimpulkan beberapa hal sebagai berikut : 1.Kecepatan induksi Propofol lebih cepat dan lebih baik dibanding Thiopental ( p < 0.01). Induksi Propofol lebih cepat, lembut dan bebas dari eksitasi sehingga baik untuk digunakan sebagai agen anestesi tunggal, induksi maupun pemeliharaan. 2. Baik Propofol maupun Thiopental tidak menunjukkan perbedaan yang nyata ( p > 0.05 ) terhadap lama anestesi. Propofol maupun Thiopental mempunyai efek analgesik yang minimal pada pemberian satu dosis. Efek analgesik ini tergantung respon individu dalam menanggapi rangsangan obat. Waktu pulih Propofol lebih cepat dibanding Thiopental (p < 0.01). Kualitas pemulihan Propofol juga lebih baik dibanding Thiopental dengan koordinasi dan kondisi tubuh yang cepat kembali ke normal tanpa adanya perpanjangan efek sedatif sesudah anestesi berakhir. Dengan adanya keuntungan sifat Propofol akan mendukung keberhasilan keadaan pasca operasi serta menguntungkan bagi pasien maupun staf yang menangani operasi. 4. Diperlukan adanya kejelian pemakai obat anestetik dalam memilih macam obat anestetika yang akan digunakan sehingga didapatkan hasil yang maksimal dalam melakukan tindakan anestesi. Karena masingmasing individu mempunyai kepekaan yang berbeda terhadap obat-obat anestetika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKH 894.95 IRI P
Uncontrolled Keywords: ANESTESI, INDUKSI,
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine > SF915-919.5 Veterinary pharmacology
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsNIM
SRI SULIS IRIANTARI, 068911668UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIWAN WILLYANTO, Dr., M.Sc., Drh.UNSPECIFIED
Thesis advisorMUSTADI, DR., M.Sc., Drh.UNSPECIFIED
Depositing User: Ny Wahyuni -
Date Deposited: 15 Jan 2018 21:35
Last Modified: 15 Jan 2018 21:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/69004
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item