IMAMATUL KHAIR, 121411233028 (2018) THE EFFECT OF NOTE-TAKING TECHNIQUES USED IN ONE OF MOOC PROVIDERS TOWARDS LISTENING COMPREHENSION OF ENGLISH DEPARTMENT STUDENTS. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
|
Text (abstrak)
abstrak.pdf Download (132kB) | Preview |
|
Text (full text)
full text.pdf Restricted to Registered users only until 22 January 2021. Download (2MB) |
Abstract
Selective listening dalam menyimak perkuliahan tidak hanya melibatkan pemahaman kata-kata dan arti dari teks tersebut, tetapi juga memilih informasi yang penting dan menyimpannya dalam waktu yang terbatas. Oleh karena itu, teknik mencatat merupakan strategi yang digunakan dalam pemahaman listening pada percakapan panjang. Berkembangnya Massive Open Online Course (MOOC) sebagai wadah pembelajaran bahasa Inggris telah menyediakan materi belajar bahasa Inggris secara daring yang berfokus pada teknik mencatat. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan tipe-tipe teknik mencatat dengan stenografi yang dikemukakan oleh Carrell (2007) dan tipe-tipe teknik mencatat dengan sistem Cornell note-taking dalam mengatur pencatatan secara terorganisir yang dikemukakan oleh Pauk (2001). Catatan yang diteliti berasal dari catatan mahasiswa Sastra Inggris. Selain itu, penelitian ini mencoba untuk menemukan ada atau tidaknya perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan pemahaman listening sebelum dan sesudah perlakuan. Penelitian ini melibatkan 30 mahasiswa Sastra Inggris yang mengambil kelas Analytical Listening di Universitas Airlangga dan menggunakan desain pre-eksperimen dengan pre-test dan post-test. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode campuran untuk menganalisis data. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa Sastra Inggris menggunakan tujuh tipe teknik mencatat dengan stenografi di antaranya; notasi, kata, organisasi, singkatan, panah, lis, dan lingkarang, kotak, atau garis. Selain itu, mahasiswa Sastra Inggris menggunakan lima teknik Cornell note-taking meliputi Record, Reduce, Recite, Reflect, dan Review untuk mengolah catatan. Secara kuantitatif, penelitian ini menunjukkan tingkat signifikansi yang didapat sebesar 0,028. Nilai ini lebih kecil dari nilai ɑ sebesar 0,05. Hal ini dapat diartikan bahwa ada perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan pemahaman listening sebelum dan sesudah perlakuan. Peneliti dapat merekomendasikan agar mahasiswa dilatih untuk menggunakan teknik mencatat dengan stenografi dan teknik dalam metode Cornell note-taking. Selain itu, peneliti merekomendasikan pembelajaran teknik mencatat yang ada di MOOC.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK FS.BE 21/18 Kha e | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Teknik mencatat dengan stenografi, teknik Cornell note-taking, pemahaman listening, selective listening | ||||||
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101-410 Language. Linguistic theory. Comparative grammar | ||||||
Divisions: | 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 21 Jan 2018 18:36 | ||||||
Last Modified: | 21 Jan 2018 18:36 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/69162 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |