DEGRADASI EPS (Extracelullar Polymeric Substance) BIOFILM BAKTERI LACTOBACILLUS ACHIDOPILUS AKIBAT PAPARAN EKSTRAK KULIT BUAH KAKAO (Theobroma cacao L.)

AZIMAH REGITA, 021411133039 (2018) DEGRADASI EPS (Extracelullar Polymeric Substance) BIOFILM BAKTERI LACTOBACILLUS ACHIDOPILUS AKIBAT PAPARAN EKSTRAK KULIT BUAH KAKAO (Theobroma cacao L.). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (368kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 22 January 2021.

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang: Pertahanan bakteri Lactobacillus achidopilus pada kavitas adalah dengan terbentuknya biofilm. Biofilm adalah nutrisi perangkap untuk pertumbuhan populasi mikroorganisme dan membantu adhesi bakteri ke permukaan untuk menghasilkan rantai molekul Extracellular Polymeric Substance (EPS). Tannin, alkaloid, flavonoid dapat mempengaruhi degradasi EPS biofilm Lactobacillus achidopilus.Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh ekstrak kulit kakao terhadap degradasi biofilm lactobacillus achidopilus dan juga untuk mengetahui konsentrasi optimal ekstrak kulit kakao dalam menurunkan biofilm lactobacillus achidopilus. Metode: Lactobacillus achidopilus biofilm ditanam pada media de Man Rogosa Sukrose Broth (MRSB), dekstran konjugasi alexa fluor 647 reagen ditambahkan, kemudian diinkubasi 24 jam. Biofilm Lactobacillus achidopilus dibagi menjadi 6 kelompok: 5 kelompok yang direndam dengan perendaman ekstrak kulit kakao 24 jam dengan masing-masing konsentrasi 1,56% 3,125% 4,69% 6,25% dan 7,8%; 1 kelompok kontrol tanpa ekstrak kulit kakao. Sampel biofilm diperiksa dengan menggunakan Confocal Laser Scanning Microscope (CLSM). Hasil: Kelompok perlakuan menunjukkan penurunan volume rata-rata EPS biofilm dibandingkan kelompok kontrol. Kesimpulan: Konsentrasi 7.8% merupakan konsentrasi optimal ekstrak kulit buah kakao dalam mendegradasi EPS biofilm bakteri Lactobacillus achidopilus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK KG 49/18 Reg d
Uncontrolled Keywords: Ekstrak kulit buah kakao, degradasi EPS biofilm, Lactobacillus achidopilus
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi
Creators:
CreatorsNIM
AZIMAH REGITA, 021411133039UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorLaksmiari Setyowati, , drg., MS., Sp.KG(K)UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 21 Jan 2018 22:25
Last Modified: 21 Jan 2018 22:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/69216
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item