Dicky Murdian Putra, 071411531071 (2017) Analisis Product Placement dan Brand Positioning Smartphone Samsung melalui Media Drama Korea. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.K.12 18 Put a.pdf Download (29kB) | Preview |
|
Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.K.12 18 Put a.pdf Restricted to Registered users only until 22 January 2021. Download (3MB) | Request a copy |
||
|
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.K.12 18 Put a.pdf Download (345kB) | Preview |
Abstract
Fokus pada penelitian ini adalah analisis product placement dan brand positioning smartphone Samsung melalui drama Korea. Pada penelitian ini terdapat dua rumusan masalah yang dipertanyakan yaitu mengenai product placement smartphone Samsung yang ditampilkan melalui drama Korea dan brand positioning smartphone Samsung yang dilakukan melalui drama Korea. Sejak tahun 2009 hingga awal tahun 2017, Samsung Electronics menggunakan serial drama Korea tersebut sebagai medianya dalam mengiklankan produk terbaru dari smartphone keluarannya. Penggunaan drama Korea ini menjadi alternatif lain yang dipilih oleh Samsung Electronics dalam memperkenalkan produk pada target segmentasinya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Branding Strategic Keller.K pada empat serial drama Korea periode 2009 hingga awal 2017, berjudul Boys Before Flowers, The Heirs, Descendants of the Sun, dan Goblin, yang masing-masing serialnya dianalisis sebanyak tiga episode. Observasi visual digunakan peneliti untuk mengumpulkan data dengan mengamati melalui media placement yang digunakan, tujuan placement, POP, serta POD pada tiap-tiap episode pada serial drama. Adanya placement yang dilakukan oleh Samsung Electronics pada serial drama Korea menunjukkan bahwa penggunaan smartphone oleh pemeran dalam tayangan merupakan hal yang disengaja dan bertujuan untuk beriklan. Dalam proses penampilan smartphone, produk tidak sebatas hanya ditampilkan untuk menunjukkan wujudnya saja, namun juga turut disampaikan karakteristik atas brand yang melekat pada produk. Hal ini dapat diamati melalui adegan yang dimainkan oleh para pemeran dalam serial yang menampilkan informasi dan membentuk kesan dimata para penontonnya. Melalui kegiatan placement dan positioning pada media drama Korea juga dapat memicu terbentuknya Identitas dari smartphone Samsung.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK2 Fis.K.12/18 Put a | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Product Placement, Brand Positioning, Smartphone Samsung, Drama Korea. | ||||||
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302-302.87 Discourse analysis P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media |
||||||
Divisions: | 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Mrs Nadia Tsaurah | ||||||
Date Deposited: | 22 Jan 2018 02:12 | ||||||
Last Modified: | 22 Jan 2018 02:12 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/69245 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |