MAGI PADA SEPAK BOLA (Studi Deskriptif Penggunaan Magi oleh Pemain pada Kompetisi Internal Sepak Bola di Kota Surabaya)

Wingga Wahyu Ramadhan, 071311733043 (2017) MAGI PADA SEPAK BOLA (Studi Deskriptif Penggunaan Magi oleh Pemain pada Kompetisi Internal Sepak Bola di Kota Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.ANT.06 18 Ram m.pdf

Download (101kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.ANT.06 18 Ram m.pdf
Restricted to Registered users only until 6 February 2021.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.ANT.06 18 Ram m.pdf

Download (250kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Magi hingga saat ini masih digunakan pada kegiatan-kegiatan masyarakat pada jaman modern. Salah satu kegiatan yang dalam pelaksanaannya menggunakan magi adalah olahraga sepak bola. Sepak bola merupakan olahraga yang populer di Indonesia dan diminati oleh berbagai kalangan dari kecil hingga atas. Kota Surabaya merupakan salah satu kota yang menjadi pusat perkembangan sepak bola di Indonesia. Salah satu hal yang membuat persepakbolaan di Surabaya berkembang dengan baik adalah adanya Kompetisi Internal Sepak Bola Surabaya. Fenomena penggunaan magi oleh pemain sepak bola juga masih digunakan di Kompetisi Internal Sepak Bola di Surabaya. Fenomena ini menarik untuk diteliti lebih lanjut. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana penggunaan magi oleh pemain Kompetisi Internal Sepak Bola di Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penentuan informan dilakukan dengan cara snowball, yaitu adanya informan kunci kemudian mengarah pada informan-informan lainnya. Teori yang digunakan adalah teori batas akal dari Frazer. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada empat praktek magi yang dilakukan oleh pemain sepak bola, yaitu praktik penggunaan susuk, praktik menggoyang-goyang jaring dan membuang air seni di gawang milik lawan, praktik membalik celana dalam dan praktik menabur-naburkan garam, kerikil, serta air khusus di lapangan tempat bertanding. Penggunaan magi yang dilakukan oleh pemain-pemain sepak bola dilakukan sebelum dan saat pertandingan sepak bola. Penggunaan magi oleh pemain sepak bola dilakukan dengan maksud untuk melindungi diri dari hal-hal gaib yang dipercaya oleh pemain-pemain sepak bola banyak ditemukan pada pertandingan sepak bola di Kota Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.ANT.06/18 Ram m
Uncontrolled Keywords: Magi, Sepak Bola, Gaib
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1100-1150.9 Fighting sports: Bullfighting, boxing, fencing, etc
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM
Wingga Wahyu Ramadhan, 071311733043UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBudi Setiawan, Drs., MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 05 Feb 2018 22:24
Last Modified: 05 Feb 2018 22:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/69465
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item