PERBANDINGAN HAND LETTERING DAN POSTER SEBAGAI MEDIA PROMOSI KESEHATAN BAHAYA ROKOK PADA REMAJA

AZMI LUTHFIA, 101511123104 (2018) PERBANDINGAN HAND LETTERING DAN POSTER SEBAGAI MEDIA PROMOSI KESEHATAN BAHAYA ROKOK PADA REMAJA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak fkm 27 18.pdf

Download (277kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
fkm 27 18.pdf
Restricted to Registered users only until 7 February 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Rokok merupakan salah satu permasalahan di dunia, Indonesia merupakan negara dengan presentase jumlah perokok terbesar di Asia Tenggara. Data Riskesdas menunjukkan terdapat peningkatan prevalensi merokok selama 3 periode terutama pada remaja usia ≥15 tahun. Oleh karena itu dibutuhkan upaya promkes untuk mencegah adanya hal tersebut. Pemberian media promosi kesehatan berupa hand lettering dan poster dapat menjadi alternatif dalam pemberian informasi dan edukasi yang efektif pada remaja. Penelit ian ini dilakukan pada siswa kelas XI TKR SMK PGRI 4 Surabaya dengan tujuan untuk membandingkan media hand lettering dan poster sebagai media promosi kesehatan mengenai bahaya rokok pada remaja. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimental semu dengan rancangan penelitian pre test - post test group desig. Siswa kelas XI TKR SMK PGRI 4 Surabaya merupakan populasi dalam penelitian ini. Sampel diambil berdasarkan teknik total sampling dan diperoleh responden sebanyak 90 siswa yang terbagi menjadi 3 kelas. Pemberian perlakuan merupakan variabel bebas, sedangkan pengetahuan dan sikap merupakan variabel terikat. Hasil penelitian menunjukan terdapat perbedaan pengetahuan sebelum dan sesudah diberikan hand lettering (P=0,000). Namun tidak demikian pada sikap karena nilai P (0,106) > α (0.05). Begitu pula hasil penelitian pada kelompok poster. Hasil tersebut menunjukkan tidak ada perbedaan secara signifikan pengetahuan (P=0,072) dan sikap (P=0,451) sebelum dan sesudah diberikan poster. Berdasarkan independent t-test terdapat perbedaan pengetahuan responden mengenai bahaya rokok pada kelompok poster dan hand lettering (P=0,004). Efektifitas media menunjukkan bahwa hand lettering lebih efektif untuk meningkatkan pengetahuan dibandingkan poster, namun kurang efektif untuk meningkatkan sikap responden. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat perbedaan antara hand lettering dan poster sebagai media promosi kesehatan bahaya rokok pada remaja. Oleh karena itu hand lettering layak digunakan sebagai media promosi kesehatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 27 18 Lut p
Uncontrolled Keywords: Hand lettering, poster, media promosi kesehatan, bahaya rokok
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3566-3578 Public health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
AZMI LUTHFIA, 101511123104UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPulung Siswantara, , S.KM., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 06 Feb 2018 18:37
Last Modified: 21 Feb 2018 18:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/69474
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item