RANCANGAN PENGUKURAN KINERJA SUPPLY CHAIN DENGAN PENDEKATAN MODEL SUPPLY CHAIN OPERATIONS REFERENCE (SCOR) (STUDI KASUS PADA UKM JENANG SINAR FADHIL, KUDUS)

MUHAMMAD IQBAL ROSYID, 041411223083 (2017) RANCANGAN PENGUKURAN KINERJA SUPPLY CHAIN DENGAN PENDEKATAN MODEL SUPPLY CHAIN OPERATIONS REFERENCE (SCOR) (STUDI KASUS PADA UKM JENANG SINAR FADHIL, KUDUS). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
B. 42-18 Ros r ABSTRAK.pdf

Download (583kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
B. 42-18 Ros r.pdf
Restricted to Registered users only until 12 February 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Usaha Kecil Menengah (UKM) memiliki kontribusi yang cukup besar terhadap pertumbuhan perekonomian suatu negara. PJ Sinar Fadhil merupakan UKM yang bergerak di bidang manufaktur yang mengolah tepung beras ketan, gula, santan dan bahan lainnya menjadi jenang yang siap jual. Pabrik Jenang Sinar Fadhil telah beroperasi sejak lebih dari 50 tahun yang lalu. Akan tetapi sampai saat ini, perusahaan belum menunjukkan perkembangan yang signifikan bahkan dan cenderung stagnan. Saat ini, perusahaan ingin mengembangkan usahanya dan meningkatkan kinerjanya agar dapat menekan biaya dari seluruh aktivitas yang dilakukan perusahaan, serta membuat suatu inovasi untuk dapat memenangkan persaingan pasar. Akan tetapi, perusahaan tidak mengetahui bagaimana kondisi kinerja saat ini. Penelitian ini difokuskan untuk meningkatkan daya saing PJ Sinar Fadhil di masa mendatang dengan cara mengidentifikasi kondisi supply chain dan kemudian membuat suatu rancangan pengukuran kinerja supply chain dengan menggunakan metode Supply Chain Operations Reference (SCOR). Pembobotan Key Performance Indicators (KPI) dilakukan dengan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Rancangan pengukuran kinerja supply chain terdiri dari 25 KPI. Berdasarkan hasil pembobotan AHP bobot nilai masing-masing aktivitas yaitu, plan (0,149), source (0,184), make (0,535), deliver (0,070), return (0,062).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B. 42-18 Ros r
Uncontrolled Keywords: pengukuran kinerja, supply chain, Supply Chain Operations Reference (SCOR), Key Performance Indicators.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Strategic planning
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
MUHAMMAD IQBAL ROSYID, 041411223083UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorFebriana Wurjaningrum, SE.,MT.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 11 Feb 2018 16:14
Last Modified: 11 Feb 2018 16:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/69614
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item