HEDGE DAN UNHEDGE PADA KONTRAK EKSPOR KOPI ROBUSTA DI BURSA BERJANGKA JAKARTA ( STUDI KASUS DI PT. PERKEBUNAN NUSANTARA XII )

AGUNG KURNIAWAN (2018) HEDGE DAN UNHEDGE PADA KONTRAK EKSPOR KOPI ROBUSTA DI BURSA BERJANGKA JAKARTA ( STUDI KASUS DI PT. PERKEBUNAN NUSANTARA XII ). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (687kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 13 February 2021.

Download (3MB)

Abstract

Penggunaan sarana hedging di Bursa Berjangka Jakarta belum banyak dilakukan oleh para eksporter. Hal ini dimungkinkan dikarenakan belum adanya kajian yang mendalam terhadap hal tersebut, sehingga pengetahuan tentang hedging masih sangat minim.Seringkali para pelaku usaha menerima risiko terkait berbagai perubahan yang terjadi atas transaksi yang telah dia lakukan diantaranya harga dan perubahan nilai kurs. Tujuan dari penelitian ini adalah mengukur sejauh mana sarana hedging yang telah ada di Bursa Berjangka Jakarta bisa dimanfaatkan oleh para pengusaha dalam rangka melindungi nilai potensial aset yang mereka miliki. Penelitian ini membandingkan antara proyeksi keuntungan dengan realisasi keuntungan yang tanpa menggunakan hedging dan yang menggunakan hedging di Bursa Berjangka Jakarta dengan melakukan transaksi kontrak futures. Dalam penelitian ini dilakukan uji beda menggnakan pair sample t test untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan atau tidak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara yang melakukan hedging dengan yang tidak melakukan hedging. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa dengan melakukan hedging maka bisa meminimalisir risko yang ada. Hal ini akan sangat berguna bagi para pengusaha untuk bisa melindungi potensial aset yang mereka miliki sehingga bisa membuat rencana bisnis lebih baik.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK MM 18/18 Kur h
Uncontrolled Keywords: Hedging, Futures Contract, Risk Reduction, Potential Asset
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
AGUNG KURNIAWANNIM041324353041-MM
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAndry Irwanto, Dr.,MBA.,Ak.,CMA.,CAUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 12 Feb 2018 22:52
Last Modified: 12 Feb 2018 22:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/69701
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item