PENENTUAN DAN STANDARISASI BIAYA PENGANGKUTAN BAHAN BAKAR MINYAK NON SUBSIDI DENGAN METODE ANALISA BIAYA DI PT PERTAMINA (PERSERO)

ARIS AFANDI, 041514353060 (2018) PENENTUAN DAN STANDARISASI BIAYA PENGANGKUTAN BAHAN BAKAR MINYAK NON SUBSIDI DENGAN METODE ANALISA BIAYA DI PT PERTAMINA (PERSERO). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (384kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 13 February 2021.

Download (2MB)

Abstract

berjalannya waktii, berdasarkan data Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral pada tahun 2016, terdapat kiirang lebih 126 perusahaan yang bergerak dalam bisnis hilir bahan bakar minyak non subsidi. Pertiimbuhan tersebnt tidak diiringi dengan pertiimbuhan pennintaan bahan bakar minyak yang signifikan. sehingga dengan adanya kesamaan produk bahan bakar minyak yang dipasarkan, maka tingkat kompetisi akan menjadi tinggi. Berdasarkaii data olahan internal Pertamina, pangsa pasar pemsahaan platmerah tersebnt untuk bisnis bahan bakar minyak non subsidi sektor industri bergerak naik tunin sejak tahun 2014 sampai dengan tahun 2016. Dengan semakin meningkatnya kompetisi tersebut, Pertamina harusdapatmeningkatkan daya saingdalambidangtersebut. Salah satu aspekyang dapat meningkatkan daya saing adalah biaya pengangkutan bahan bakar minyak dan Pertaminakelokasi konsumen,karenasebagianbesarkonsumenhanyamelihat harga akhir sebnah produk, dimana harga akhir adalah harga bahan bakarminyak ditambah biayapengangkutan. Pada penelitan ini, peneliti menganalisa biaya @ biaya yangmuncul terkait dengan kegiatan pengiriman bahan bakarminyak non subsidi ke lokasi konsumen. Atas dasar biaya yang muncul tersebut, kemudian dianalisa besaran freight cost yang kompetitifagardaya saing Pertaminameningkat. Kata kunci : kompetisi, dayasaing, analisabiayapengiriman

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK MM 19/18 Afa p
Uncontrolled Keywords: Kompetisi daya saing
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
ARIS AFANDI, 041514353060UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIndrianawati Usman, Dr.,SE.,M.ScUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 12 Feb 2018 22:57
Last Modified: 12 Feb 2018 22:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/69703
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item