PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN LEADER-MEMBER EXCHANGE DAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA KARYAWAN PT. RADIO FISKARIA JAYA SUARA SURABAYA

ROCHMADHONA RISTA VERRY AFANDI, 041311233042 (2018) PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN LEADER-MEMBER EXCHANGE DAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA KARYAWAN PT. RADIO FISKARIA JAYA SUARA SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
B. 11-18 Afa p ABSTRAK.pdf

Download (23kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
B. 11-18 Afa p.pdf
Restricted to Registered users only until 13 February 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pemimpin dengan gaya kepemimpinan tranformasional akan menciptakan suatu hubungan afektif berkualitas tinggi antara pemimpin dan pengikut, serta memiliki kepercayaan terhadap kemampuan bawahan dan menujukkan bawahan bagaimana mencapai tujuan. Karyawan yang memiliki persepsi positif terhadap kepemimpinan transformasional akan merasakan kepuasan kerja, sehingga mampu untuk mendorong karyawan untuk meningkatkan kinerjanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan transformasional terhadap kinerja karyawan dengan leader-member exchange dan kepuasan kerja sebagai variabel mediasi pada karyawan PT. Radio Fiskaria Jaya Suara Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode sensus. Penelitian ini menggunakan data primer sejumlah 68 orang. Data tersebut diambil dengan menggunakan metode kuisioner yang dibagikan kepada seluruh karyawan tetap PT. Radio Fiskaria Jaya Suara Surabaya. Penelitian ini menggunakan structural equation modelling (SEM) sebagai teknik pengukuran menggunakan partial least square (PLS) dan perhitungan VAF untuk menguji efek mediasi. Hasil penelitian menunjukkan gaya kepemimpinan transformasional berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Gaya kepemimpinan transformasional berpengaruh signifikan terhadap leader-member exchange dan leader-member exchange berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan, sehingga leader-member exchange mampu menjadi variabel mediasi pada pengaruh gaya kepemimpinan tranformasional terhadap kinerja karyawan. Gaya kepemimpinan transformasional berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja dan kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan, sehingga kepuasan kerja mampu menjadi variabel mediasi pada pengaruh gaya kepemimpinan transformasional terhadap kinerja karyawan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B. 11-18 Afa p
Uncontrolled Keywords: Gaya Kepemimpinan Transformasional, Leader-Member Exchange, Kepuasan Kerja, Kinerja Karyawan.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
ROCHMADHONA RISTA VERRY AFANDI, 041311233042UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDwi Ratmawati, Dr. Hj., SE., M.Com.,UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 13 Feb 2018 02:10
Last Modified: 13 Feb 2018 02:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/69724
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item