PERBANDINGAN HASIL ANALISIS MULTIPLE COMPARISON METODE TUKEY DAN SCHEFFE (Pada Kasus Perbedaan Lama Kala 2 Persalinan Berdasarkan Umur dan Paritas Ibu Bersalin di Puskesmas Tanah Kalikedinding Kota Surabaya)

NUR VENNY RATNASARI, 101511123012 (2018) PERBANDINGAN HASIL ANALISIS MULTIPLE COMPARISON METODE TUKEY DAN SCHEFFE (Pada Kasus Perbedaan Lama Kala 2 Persalinan Berdasarkan Umur dan Paritas Ibu Bersalin di Puskesmas Tanah Kalikedinding Kota Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak fkm 48 18.pdf

Download (70kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
fkm 48 18 Rat p.pdf
Restricted to Registered users only until 20 February 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Masalah kematian ibu merupakan permasalahan global karena merupakan salah satu indikator yang harus dicapai dalam program Millenium Development Goals (MDG’s) dan saat ini permasalahan tersebut masih belum bisa dituntaskan pada MDG’s tahun 2015. Salah satu penyebab dari kematian ibu adalah lama persalinan terutama lama persalinan pada kala 2. Faktor yang mempengaruhi lama persalinan kala 2 yaitu umur dan paritas. Tukey dan Scheffe merupakan uji perbandingan berganda untuk mengetahui perbedaan lama kala 2 pada kelompok umur dan paritas ibu bersalin. Penelitian ini bertujan untuk membandingkan apakah ada perbedaan hasil Tukey dan Scheffe. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik. Populasi penelitian adalah ibu bersalin di puskesmas Tanah Kalikedinding pada bulan Januari-Agustus 2017 dengan besar sampel 84 ibu bersalin yang dikelompokkan kedalam kelompok umur dan paritas. Data diperoleh dari catatan partograf ibu bersalin. Analisis data dimulai dari One Way Anova yang sebelumnya telah memenuhi asumsi skala data rasio, normalitas dan homogenitas. Anova menghasilkan nilai probabilitas 0,043;0,014;0,009 pada kelompok umur dan pada kelompok paritas yaitu 0,000;0,000;0,000 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan lama kala 2 berdasarkan umur dan paritas. Kemudian dilanjutkan dengan uji Tukey dan Scheffe untuk menentukan pasangan kelompok mana yang berbeda. Tukey menghasilkan pasangan kelompok yang berbeda lebih banyak daripada Scheffe namun pada besar sampel tertentu, keduanya menghasilkan jumlah pasangan berbeda yang sama jumlahnya. Kesimpulan dari penelitian ini menyatakan bahwa ada perbedaan lama kala 2 persalinan berdasarkan umur dan paritas. Metode Tukey lebih cenderung menolak hipotesis nol daripada metode Scheffe. Peneliti menyarankan untuk menggunakan metode Tukey karena lebih powerful dan lebih cocok untuk perbandingan berpasangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK fkm 48 18 Rat p
Uncontrolled Keywords: Tukey (HSD), Scheffe, Anova, Lama Kala 2 Persalinan
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics > RG1-991 Gynecology and obstetrics > RG500-991 Obstetrics > RG551-591 Pregnancy
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
NUR VENNY RATNASARI, 101511123012UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHari Basuki N, Dr. .,dr.,M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 20 Feb 2018 01:00
Last Modified: 21 Feb 2018 17:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/69741
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item