PENINGKATAN BANTUAN LUAR NEGERI JEPANG DALAM MENGAMANKAN KEPENTINGANNYA MELALUI TOKYO INTERNATIONAL CONFERENCE ON AFRICAN DEVELOPMENT (TICAD) TERHADAP KENYA TAHUN 2014-2016

Yesaya Anggia Hamonangan Simanihuruk, 071311233060 (2017) PENINGKATAN BANTUAN LUAR NEGERI JEPANG DALAM MENGAMANKAN KEPENTINGANNYA MELALUI TOKYO INTERNATIONAL CONFERENCE ON AFRICAN DEVELOPMENT (TICAD) TERHADAP KENYA TAHUN 2014-2016. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.HI.18 18 Ang p.pdf

Download (229kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.HI.18 18 Ang p.pdf
Restricted to Registered users only until 14 February 2021.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.HI.18 18 Ang p.pdf

Download (424kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perubahan di dalam lajur bantuan luar negeri Jepang di Kenya pada tahun 2014. Hal ini menjadi tanda bahwa ada motivasi tertentu bagi Jepang yang menyebabkan terjadinya peningkatan bantuan luar negeri secara signifikan bagi Kenya. Perlu ada penjelasan yang dalam penelitian ini membahas untuk melihat motivasi yang dimiliki Jepang dalam perubahan sikap bantuan luar negerinya. Penlitian ini mengkaji tentang latar belakang Jepang di dalam bantuan luar negerinya. Pola seperti apa yang diberikan dalam bantuan luar negeri Jepang sehingga Jepang memutuskan untuk merubah secara signifikan jumlah bantuan luar negeri yang digelontorkan untuk Kenya. Hal ini berasal dari dua faktor yaitu faktor eksternal seperti potensi Kenya dan faktor internal seperti hambatan pasar atau industri Jepang sendiri. Penelitian ini mengajukan hipotesis bahwa Jepang memiliki kepentingan di dalam memenuhi kebutuhan terhadap pasar baru dan pasokan industrinya. Hal ini juga melihat fenomena bantuan luar negeri Jepang di beberapa negara dengan sumber daya melimpah dan pola yang tidak biasa dari asumsi umum Jepang untuk menyeimbangi pengaruh Tiongkok ataupun mengamankan pasokan energi. Penelitian ini lebih melihat pada respon Jepang di dalam peningkatan signifikan bantuan luar negeri bahwa terdapat tujuan berbeda dari asumsi umum mengenai kebangkitan Tiongkok ataupun keamanan energi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.HI.18/18 Ang p
Uncontrolled Keywords: Jepang, Kenya, Bantuan Luar Negeri, Pasokan Industri, Hambatan Dagang.
Subjects: J Political Science > JQ Political institutions Asia > 6651 Political institutions and public administration (Asia,Africa, Australia, Pacific Area, etc.)
J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations > JZ24-38 Societies, associations, academies, institutes, etc., for the study of international relations
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
Yesaya Anggia Hamonangan Simanihuruk, 071311233060UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorCitra Hennida, S.IP., MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 13 Feb 2018 18:00
Last Modified: 13 Feb 2018 18:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/69754
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item