PENERAPAN TA’WIDH PADA PEMEGANG SYARIAH CARD

NADIA ANANDA ELSANTI, 031524253004 (2018) PENERAPAN TA’WIDH PADA PEMEGANG SYARIAH CARD. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (151kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 21 February 2021.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian hukum ini merupakan penelitian yang bersifat yuridis normatif dengan tipe penelitian legal research dengan tujuan menemukan kebenaran koherensi. Disamping itu penelitian ini menggunakan pendekatan perundang-undangan (statute approach), pendekatan konseptual (conceptual approach), dan studi kasus (study case). Hasil dari penelitian tesis ini menunjukkan bahwa karakteristik ta’widh pada produk syariah card yaitu merupakan biaya penagihan yang dikeluarkan oleh Bank Syariah dalam melakukan upaya penagihan kepada nasabah. Dalam praktiknya, besaran nilai ta’widh telah diketahui di awal akad dan besaran biaya ta’widh bersifat tidak tetap karena penentuan besaran nominal biaya ta’widh ditentukan sesuai dengan lamanya keterlambatan pembayaran serta jenis kartu yang digunakan oleh nasabah. Berdasarkan hal tersebut penetuan biaya ta’widh pada syariah card belum sesuai dengan ketentuan pada Fatwa DSN MUI Nomor 43/DSN-MUI/VIII/2004 tentang Ta’widh. Apabila nasabah tidak memenuhi pembayaran tagihan syariah card yang dimilikinya maka upaya penagihan yang dapat dilakukan oleh Bank Syariah adalah dengan cara menelpon, mengirimkan surat serta melakukan kunjungan langsung baik di rumah maupun tempat kerja nasabah. Selain itu, apabila nasabah masih kesulitan dalam melakukan pembayaran tagihannya maka Bank akan menawarkan penyelesaian tagihan dengan upaya restrukturisasi pembiayaan yaitu melalui penjadwalan kembali (rescheduling), persyaratan kembali (reconditioning), dan penataan kembali (restructuring). Selain daripada itu, upaya penyelesaian sengketa juga dapat dilakukan melalui musyawarah, Badan Arbitrase Nasional, dan melalui Peradilan Agama.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK TMK 34/18 Els p
Uncontrolled Keywords: Ta’widh, Syariah Card, Keterlambatan Pembayaran, Upaya Hukum
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K7000-7720 Private international law. Conflict of laws
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Kenotariatan
Creators:
CreatorsNIM
NADIA ANANDA ELSANTI, 031524253004UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAbd Shomad, Prof.,Dr.,S.H.,M.HUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 21 Feb 2018 01:06
Last Modified: 21 Feb 2018 01:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/69914
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item