PENGARUH SIKAP TERHADAP MEREK, PERSEPSI KEMIRIPAN, KONSEKUENSI SOSIAL NEGATIF, DAN SCHADENFREUDE TERHADAP NIAT BELI PRODUK MASSTIGE PALSU : MODERASI RELIGIUSITAS KONSUMEN

YASHINTA LARASATI FADJRIN, 041012047 (2018) PENGARUH SIKAP TERHADAP MEREK, PERSEPSI KEMIRIPAN, KONSEKUENSI SOSIAL NEGATIF, DAN SCHADENFREUDE TERHADAP NIAT BELI PRODUK MASSTIGE PALSU : MODERASI RELIGIUSITAS KONSUMEN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
B. 78-18 Fad p ABSTRAK.pdf

Download (80kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
B. 78-18 Fad p.pdf
Restricted to Registered users only until 23 February 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Produk palsu merupakan produk yang saat ini sangat marak dijual dipasaran. Counterfeiting atau pemalsuan, merupakan fenomena yang telah berkembang dengan sangat pesat selama beberapa tahun terakhir dan menjadi isu yang sangat penting dalam perekonomian secara global. Permintaan konsumen atas counterfeit goods adalah alasan utama mengapa fenomena ini ada dan berkembang dengan sangat pesat. Schadenfreude-perasaan senang saat yang lain mengalami ketidakberuntungan- adalah variabel baru yang akan diteliti bersama dengan sikap terhadap merek asil, sikap terhadap produk palsu, dan niat beli produk palsu dengan moderasi religiusitas konsumen. Produk masstige dipakai sebagai obyek dalam penelitian ini karena terdapat pergeseran makna mewah, dari barang yang sulit untuk diperoleh menjadi barang yang mudah diperoleh dengan harga yang lebih murah tetapi tetap menawarkan kualitas dan tampilan yang premium. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa penyebaran kuisoner kepada responden. Kuisioner disebarkan kepada 300 responden yang merupakan mahasiswi S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga. Kuisioner disebarkan kepada responden dengan menggunakan metode non-probability sampling khususnya dengan teknik purposive sampling. Data yang dihasilkan dari penyebaran kuisioner dianalisis dengan menggunakan teknik Partial Least Square dan diolah menggunakan software SmartPLS 2.0.3 Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa schadenfreude berpengaruh positif terhadap niat beli produk masstige palsu, sedangkan religiusitas tidak memoderasi pengaruh positif schadenfreude terhadap niat beli produk masstige palsu. Dalam penelitian ini juga ditemukan bahwa persepsi kemiripan berpengaruh signifikan terhadap schadenfreude tetapi tidak signifikan terhadap niat beli produk masstige palsu. Sikap terhadap merek dan konsekuensi sosial yang negatif diketahui berpengaruh secara signifikan dan negatif, baik terhadap schadenfreude dan niat beli produk masstige palsu. Schadenfreude menjadi variabel yang menjanjikan dalam kaitannya dengan konsumen dan pemalsuan. Perasaan schadenfreude yang dimiliki konsumen terhadap suatu merek dapat membantu dalam menjelaskan niat beli konsumen tersebut terhadap produk palsu. Produsen produk bermerek original harus berhati – hati dan siap mengantisipasi dari adanya efek negatif schadenfreude.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B. 78-18 Fad p
Uncontrolled Keywords: Pemalsuan, Masstige, Sikap Terhadap Merek, Persepsi Kemiripan, Konsekuensi Sosial Negatif, Religiusitas, Niat Beli, Schadenfreude
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
YASHINTA LARASATI FADJRIN, 041012047UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBadri Munir Sukoco, Prof., SE, MBA, PhD.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 23 Feb 2018 01:19
Last Modified: 23 Feb 2018 01:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70054
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item