HUBUNGAN ANTARA KESULITAN INTERPERSONAL DENGAN PERSEPSI SEBAGAI KORBAN CYBERBULLYING (CYBERBULLYING VICTIMIZATION) PADA MAHASISWA DENGAN KEPRIBADIAN INTROVERT-EXTROVERT

TIARA DEWI, 111311133041 (2017) HUBUNGAN ANTARA KESULITAN INTERPERSONAL DENGAN PERSEPSI SEBAGAI KORBAN CYBERBULLYING (CYBERBULLYING VICTIMIZATION) PADA MAHASISWA DENGAN KEPRIBADIAN INTROVERT-EXTROVERT. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK .pdf

Download (28kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Psi 36-18 Dew h.pdf
Restricted to Registered users only until 26 February 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hipotesis secara empiris adanya hubungan antara kesulitan interpersonal dengan persepsi sebagai korban cyberbullying (cyberbullying victimization) pada mahasiswa perguruan tinggi dengan kecenderungan kepribadian introvert-extrovert di Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Subjek pada penelitian ini adalah mahasiswa di Surabaya berusia 17-24 tahun yang merupakan pengguna aktif media sosial. Sample yang digunakan dalam penelitian ini adalah 518 subjek dengan 134 subjek laki-laki dan 384 subjek wanita. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini adalah Online Victimization Scale, Questionnaire of Interpersonal Difficulties serta Myers-Briggs Type Indicator. Data penelitian dikumpulkan dengan metode survey dan disebarkan secara online melalui mediamedia sosial. Setelah diuji korelasi dengan menggunakan teknik Pearson didapatkan hasil berupa adanya hubungan antara kesulitan interpersonal dengan persepsi sebagai korban pada seluruh subjek; adanya hubungan antara kesulitan interpersonal dengan persepsi sebagai korban pada kelompok subjek introvert dan tidak adanya hubungan antara kesulitan interpersonal dengan persepsi sebagai korban pada kelompok subjek extrovert. Dengan adanya penelitian ini diharapkan kepada penelitian selanjutnya untuk mencari tahu lebih lanjut dimensi kesulitan interpersonal yang paling mempengaruhi persepsi sebagai korban cyberbullying (cyberbullying victimization).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Psi.36/18 Dew h
Uncontrolled Keywords: Korban cyberbullying, kesulitan interpersonal, kepribadian introvertextrovert, cyberbullying
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
TIARA DEWI, 111311133041UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSuryanto, Prof., Dr., M.Si., PsikologUNSPECIFIED
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 25 Feb 2018 18:21
Last Modified: 25 Feb 2018 18:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70082
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item