ANALISIS PERUBAHAN BERAT BADAN (BB), INDEKS MASSA TUBUH (IMT) DAN PERSENTASE LEMAK TUBUH (PLT) KLIEN PASCA PEMBERIAN DIET SOUTH BEACH DI MY MEAL CATERING SURABAYA

ISMI FAIZAH, 101311233024 (2018) ANALISIS PERUBAHAN BERAT BADAN (BB), INDEKS MASSA TUBUH (IMT) DAN PERSENTASE LEMAK TUBUH (PLT) KLIEN PASCA PEMBERIAN DIET SOUTH BEACH DI MY MEAL CATERING SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak fkm 66 18.pdf

Download (27kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
FKM 66 18 Fai h.pdf
Restricted to Registered users only until 27 February 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Obesitas merupakan masalah kesehatan yang bersifat global. Berbagai macam upaya yang dilakukan untuk mengontrol berat badan, salah satunya yaitu dengan mengatur pola makan. Diet south beach merupakan salah satu strategi dalam mengontrol berat badan. Diet south beach ini menerapkan pola makan dengan prinsip karbohidrat baik dan lemak baik. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh pemberian diet south beach terhadap perubahan berat badan, indeks massa tubuh dan persentase lemak tubuh klien My Meal Catering. Penelitian ini merupakan penelitian observasional time series dengan desain penelitian same subject. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif primer dan sekunder. Penelitian dilaksanakan di My Meal Catering Surabaya. Jumlah sampel dalam penelitian sebesar 30 orang yang diambil dengan metode studi populasi. Pengumpulan data meliputi BB, IMT, PLT, aktivitas fisik dan asupan makan. Pengambilan data menggunakan instrumen microtoise, timbangan digital, maltron bioscan, Global Physical Analysis Questionnare (GPAQ) versi 2 dan form food recall 2 x 24 jam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat penurunan BB, IMT dan PLT secara bermakna setelah pemberian diet south beach hari ke 14 hingga ke 28 hari (P<0,05). Diet south beach fase 1 dapat menurunkan BB sebesar 2,8% dan fase 2 sebesar 1,7%. Diet south beach fase 1 dapat menurunkan IMT sebesar 2,7% dan fase 2 sebesar 1,3%. Diet south beach fase 1 dapat menurunkan PLT sebesar 4% dan fase 2 sebesar 4,2%. Asupan energi mempengaruhi perubahan BB dan IMT (P<0,05). Pemberian diet south beach dapat menurunkan berat badan, indeks massa tubuh dan persentase lemak tubuh. Dari hasil penelitian disarankan My Meal Catering meningkatkan serat, memperhatikan daya terima makanan serta menjelaskan prinsip dan makanan yang sebaiknya dihindari dalam menjalani program diet south beach. Disarankan kepada pelanggan untuk mengenal pola makan sehat serta menerapkan hingga seterusnya secara bertahap.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 66 18 Fai a
Uncontrolled Keywords: Diet south beach, Berat Badan, Indeks Massa Tubuh, Persentase Lemak Tubuh
Subjects: T Technology > TX Home economics > TX341-641 Nutrition. Foods and food supply
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
ISMI FAIZAH, 101311233024UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorLailatul Muniroh, , S.KM., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 26 Feb 2018 20:23
Last Modified: 26 Feb 2018 20:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70134
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item