PERAN PEMBERIAN MINYAK JAGUNG (CORN OIL) TERHADAP KADAR KOLESTEROL TOTAL, LOW DENSITY LIPOPROTEIN (LDL) DAN MALONDIALDEHID (MDA) PADA TIKUS (Rattus norvegicus)

AYU LESTARI, 101514153002 (2018) PERAN PEMBERIAN MINYAK JAGUNG (CORN OIL) TERHADAP KADAR KOLESTEROL TOTAL, LOW DENSITY LIPOPROTEIN (LDL) DAN MALONDIALDEHID (MDA) PADA TIKUS (Rattus norvegicus). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (64kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 27 February 2021.

Download (1MB)

Abstract

Proses penggorengan yang kurang memperhatikan kualitas minyak sangat erat kaitannya dengan kesehatan. Minyak goreng yang digunakan berulang-ulang dapat meningkatkan asam lemak trans dan bilangan peroksida. Asam lemak trans dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah khususnya kadar Low Density Lipoprotein (LDL). Bilangan peroksida yang tinggi sebagai penanda kerusakan oksidatif pada minyak dan menunjukkan adanya radikal bebas yang bersifat racun bagi tubuh. Minyak jagung mengandung fitosterol yang berfungsi menurunkan kadar kolesterol total dan juga mengandung tinggi asam lemak tak jenuh jamak (Poly Unsaturated Fatty Acid/PUFA) yang berfungsi menstabilkan kadar Low Density Lipoprotein (LDL) dalam darah. Vitamin E yang tinggi juga terkandung dalam minyak jagung berfungsi sebagai antioksidan kuat yang potensial mempunyai kemampuan menangkal radikal bebas dalam tubuh. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis peran pemberian minyak jagung terhadap kadar kolesterol total, Low Density Lipoprotein (LDL), dan malondialdehid (MDA) pada Tikus (Rattus norvegicus). Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimental laboratorium dengan rancang bangun penelitian adalah Rancang Bangun Acak Lengkap (RAL) dengan Post Test Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah tikus putih (Rattus norvegicus) jantan strain Wistar. Sampel penelitian diambil secara acak dari populasi yang terjangkau sebanyak 25 ekor, kemudian dibagi menjadi 5 kelompok yang terdiri dari kelompok Kontrol Negatif (KN), Kontrol Positif (KP), Perlakuan 1 (P1), Perlakuan 2 (P2) dan Perlakuan 3 (P3). Teknik pengambilan sampel dengan cara simple random sampling. Analisis data yang digunakan adalah uji MANOVA (Multivariate Analysis of Variance). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minyak jagung mampu menstabilkan kadar kolesterol total, Low Density Lipoprotein (LDL), dan malondialdehid (MDA) pada kelompok Perlakuan 1, 2, dan 3. Berdasarkan uji MANOVA yang dianalisis dengan Wilks' Lambda didapatkan nilai signifikansi yaitu p = 0,000 (p < 0,05) yang berarti bahwa terdapat perbedaan rata-rata kadar kolesterol total, Low Density Lipoprotein (LDL), dan malondialdehid (MDA) pada tiap-tiap kelompok (KN, KP, P1, P2, dan P3). Kesimpulan pada penelitian ini adalah minyak jagung dapat mencegah terjadinya peningakatan kadar kolesterol total, Low Density Lipoprotein (LDL), dan malondialdehid (MDA) pada Tikus (Rattus norvegicus). Disarankan sebaiknya tidak selalu mengkonsumsi makanan yang diolah menggunakan minyak goreng bekas dan disarankan untuk mengkonsumsi minyak jagung untuk mencegah terjadinya peningkatan kadar kolesterol total, Low Density Lipoprotein (LDL), dan malondialdehid (MDA) dalam tubuh.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKM 12/18 Les p
Uncontrolled Keywords: Minyak Jagung, Kolesterol Total, Low Density Lipoprotein (LDL),dan Malondialdehid (MDA)
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3566-3578 Public health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
AYU LESTARI, 101514153002UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBambang W, Prof., dr., MS., M.CN., Ph.D., Sp.GKUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 26 Feb 2018 22:04
Last Modified: 26 Feb 2018 22:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70151
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item