EVALUASI PENYELENGGARAAN KESEHATAN LINGKUNGAN PUSAT LAYANAN KESEHATAN UNAIR KAMPUS C TAHUN 2017

NURAINI MUFIDAH, 100911141 (2018) EVALUASI PENYELENGGARAAN KESEHATAN LINGKUNGAN PUSAT LAYANAN KESEHATAN UNAIR KAMPUS C TAHUN 2017. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak fkm 64 18.pdf

Download (25kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
FKm 64 18 muf e.pdf
Restricted to Registered users only until 5 March 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pusat Layanan Kesehatan Unair merupakan klinik pramata yang mempunyai produk berupa pelayanan kesehatan tingkat pertama terdiri dari poli gigi dan poli umum. Dari kegiatan pelayanan kesehatan menghasilkan limbah sehingga perlu dilakukan penyelenggaraan kesehatan lingkungan perlu dalam pencegahan terjadinya infeksi nosokomial serta penyebaran penyakit akibat penanganan limbah yang kurang tepat. Tujuan penelitian ini adalah melakukan evaluasi penyelenggaran kesehatan lingkungan di Pusat Layanan Kesehatan Unair Kampus C. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif observasional dan menggunakan rancang bangun cross-sectional. Komponen penelitian adalah seluruh sanitasi dasar meliputi, kesehatan lingkungan klinik, sarana dan fasilitas sanitasi, pengelolaan limbah padat, dan pengelolaan limbah ciar. Data yang digunakan adalah data primer, observasi, wawancara dan data sekunder yang diperoleh dari Pusat Layanan Kesehatan Unair. Hasil penelitian diperoleh skor penilaian kesehatan lingkungan Pusat Layanan Kesehatan Unair Kampur C sebesar 77,1% dinyatakan memenuhi persyaratan untuk variabel kesehatan lingkungan klinik. Skor penilaian pengelolaan limbah Pusat Layanan Kesehatan Unair Kampus C sebesar 50% dinyatakan tidak memenuhi persyaratan pengelolan limbah berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1204/Menkes/SK/X/2004 tentang Persyaratan Kesehatan Lingkungan Rumah Sakit. Saran dalam penelitian ini adalah Pusat Layanan Kesehatan dihimbau untuk membuat Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) yang , melengkapi fasilitas pengelolaan limbah padat medis, menetapkan kebijakan yang lebih baik lagi dalam alur pengelolaan limbah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 64 18 Muf e
Uncontrolled Keywords: evaluasi, sanitasi, pengelolaan limbah, Pusat Layanan Kesehatan Universitas Airlangga
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA565-600 Environmental health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
NURAINI MUFIDAH, 100911141UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorLilis Sulistyorini,, Dr. Ir., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 04 Mar 2018 20:50
Last Modified: 04 Mar 2018 20:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70209
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item