PENGARUH SARI BUAH MENGKUDU Morinda citrifolia L. TERHADAP RESPON FISIOLOGI IKAN PATIN Pangasius sp. PADA SUHU YANG BERBEDA = THE INFLUENCE OF SQUEEZED NONI Morinda citrifolia L. ON PHYSIOLOGICAL RESPONSE OF PATIN FISH Pangasius sp. AT DIFFERENT TEMPERATURE

DINDAGITA PRATIWI, 141311133139 (2018) PENGARUH SARI BUAH MENGKUDU Morinda citrifolia L. TERHADAP RESPON FISIOLOGI IKAN PATIN Pangasius sp. PADA SUHU YANG BERBEDA = THE INFLUENCE OF SQUEEZED NONI Morinda citrifolia L. ON PHYSIOLOGICAL RESPONSE OF PATIN FISH Pangasius sp. AT DIFFERENT TEMPERATURE. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
PK.BP.18-18 Pra p ABSTRAK.pdf

Download (223kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
PK.BP.18-18 Pra p SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 2 March 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ikan patin merupakan salah satu komoditas perikanan yang mempunyai nilai ekonomis tinggi, baik dalam segmen usaha pembenihan maupun usaha pembesarannya. Kondisi budidaya ikan saat ini sering menjadi subyek terhadap perubahan atau stresor seperti handling, kepadatan, transportasi dan perubahan kualitas air. Perubahan suhu pada lingkungan media pemeliharaan yang berbeda dapat mempengaruhi kehidupan ikan bahkan dapat menyebabkan stres. Tanaman mengkudu merupakan tanaman obat yang cukup potensial untuk dikembangkan. Cara memanfaatkan tanaman mengkudu salah satunya adalah dengan membuat sari buah mengkudu. Sari buah mengkudu terbukti efektif menurunkan kadar glukosa darah (Nuraini, 2001). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian sari buah mengkudu terhadap respon fisiologis pada ikan patin yang dipelihara pada suhu yang berbeda. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktorial yang terdiri dari sembilan perlakuan dan tiga ulangan. Perlakuan yang diberikan adalah konsentrasi sari buah mengkudu yaitu 0% (kontrol), 1% dan 2% dengan suhu perendaman 28°C, 32°C dan 36°C. Parameter yang diamati pada penelitian ini adalah glukosa darah, sel darah merah (eritrosit), sel darah putih (leukosit) dan buka tutup operculum (tachiventilasi). Analisis data menggunakan Analisis of Varian (ANAVA) dan dilanjutkan Uji Jarak Berganda Duncan. Hasil penelitian ini adalah menunjukkan bahwa perendaman sari buah mengkudu pada suhu yang berbeda berpengaruh nyata (p<0,05) terhadap glukosa darah, sel darah merah (eritrosit), sel darah putih (leukosit) dan buka tutup operculum (tachiventilasi) ikan patin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK.BP.18/18 Pra p
Subjects: Q Science > QL Zoology > QL614-639.8 Fishes
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Manajemen Kesehatan Ikan & Budidaya Perikanan
Creators:
CreatorsNIM
DINDAGITA PRATIWI, 141311133139UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAkhmad Taufiq Mukti, Dr., S.Pi., M.Si.UNSPECIFIED
Thesis advisorPrayogo, S.Pi., MP.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 01 Mar 2018 22:38
Last Modified: 01 Mar 2018 22:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70321
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item