Pangki Suwiknyo, NIM011228066310 (2017) Hubungan Tingkat Kepatuhan Petugas Medis dalam Menjalankan Panduan Tatalaksana Nyeri Pasca Operasi dengan Kepuasan Pasien dan Skor Nyeri saat Keluar Rumah Sakit di RSUD dr. Soetomo Surabaya. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (Abstrak)
PPDS.AT. 01-18 Suw h Abstrak.pdf Download (10kB) | Preview |
|
Text (fulltext)
PPDS.AT. 01-18 Suw h.pdf Restricted to Registered users only until 5 March 2021. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Untuk memujudkan tatalaksana nyeri pasca operasi yang adekuat, maka kepatuhan petugas medis dalam menjalankan panduan tatalaksana nyeri harus baik. Semakin patuh petugas medis, maka nyeri akut pasca operasi bisa ditangani dengan baik, yang ditandai dengan rendahnya derajat nyeri pada periode 24 jam pasca operasi, sehingga kepuasan pasien akan pelayanan nyeri pasca operasi makin meningkat. Tujuan Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara tingkat kepatuhan petugas medis dalam menjalankan panduan tatalaksana nyeri dan tingkat kepuasan pasien akan pelayanan nyeri pasca operasi di RSUD dr. Soetomo Surabaya. Metode Penelitian ini merupakan penelitian analisis observasional dengan rancangan penelitian prospective study. Penelitian ini menganalisis data dari kuesioner kepatuhan petugas medis dan daftar tilik terhadap kelengkapan dokumentasi tatalaksana nyeri pada rekam medis. Tingkat kepuasan pasien berdasarkan APS-POQ-R. Hasil Penelitian ini melibatkan 98 sampel. Hubungan antara tingkat kepatuhan petugas medis dalam menjalankan panduan tatalaksana nyeri dan tingkat kepuasan pasien tidak signifikan secara statistik (p=0.117). Sedangkan derajat nyeri (WBPS) pada periode 24 jam pasca operasi mempunyai hubungan yang signifikan dengan tingkat kepuasan pasien akan pelayanan nyeri pasca operasi (p=0.025). Angka kejadian nyeri saat KRS yakni nyeri ringan (46.9%), nyeri sedang (21.4%) dan nyeri berat 0%. Kesimpulan Hasil tatalaksana nyeri yang baik terutama pada periode 24 jam pasca operasi sangat menentukan tingkat kepuasan pasien akan pelayanan nyeri pasca operasi.
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKA KK PPDS.AT. 01-18 Suw h | ||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kepatuhan petugas medis, kepuasan pasien, ,WBFS, APS-POQ-R | ||||||||||||
Subjects: | R Medicine > RD Surgery | ||||||||||||
Divisions: | 01. Fakultas Kedokteran > Anestesiologi dan Reanimasi | ||||||||||||
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Depositing User: | Tatik Poedjijarti | ||||||||||||
Date Deposited: | 04 Mar 2018 16:34 | ||||||||||||
Last Modified: | 04 Mar 2018 16:34 | ||||||||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70358 | ||||||||||||
Sosial Share: | |||||||||||||
Actions (login required)
View Item |