RISIKO BISNIS, TANGIBLE ASSETS, dan FAMILY OWNERSHIP TERHADAP KEBIJAKAN HUTANG PERUSAHAAN

TIYA MULIA NINGTYAS, 041424153007 (2017) RISIKO BISNIS, TANGIBLE ASSETS, dan FAMILY OWNERSHIP TERHADAP KEBIJAKAN HUTANG PERUSAHAAN. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (598kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
TSM 08-18 Nin r.pdf
Restricted to Registered users only until 5 March 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh risiko bisnis, tangible assets, dan family ownership terhadap kebijakan hutang perusahaan manufaktur yang go public yang tercatat di Bursa Efek Indonesia periode 2011 hingga 2016. Penentuan risiko bisnis perusahaan diproksikan dengan Degree Operating Leverage (DOL), tangible assets diukur dari fixed assets dibagi dengan total aset, dan family ownership dihitung dari proporsi kepemilikan saham dari unsur keluarga atau menjabat sebagai dewan direksi atau komisaris dibandingkan dengan total saham perusahaan dalam keseluruhan. Kebijakan hutang diukur dengan proksi Debt to Equity Ratio (DER). Penelitian ini juga menggunakan profitabilitas, ukuran perusahaan, dan pertumbuhan perusahaan sebagai variabel kontrol. Sampel penelitian berjumlah 46 perusahaan. Metode penelitian yang digunakan yaitu purposive sampling dengan teknik analisis regresi linier berganda dan pengujian hipotesis menggunakan Uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa risiko bisnis berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap kebijakan hutang. Tangible assets, ukuran perusahaan, dan pertumbuhan perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap kebijakan hutang. Family ownership berpengaruh positif tidak signifikan tehadap kebijakan hutang. Profitabilitas berpengaruh negatif signifikan terhadap kebijakan hutang.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSM.08/18 Nin r
Uncontrolled Keywords: Kebijakan Hutang, Risiko Bisnis, Tangible Assets, Family Ownership,Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HG Finance > HG4001-4285 Finance management. Business finance.Corporation finance
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Sains Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
TIYA MULIA NINGTYAS, 041424153007UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Maemunah Soeharto, Prof. Dr. , SE.UNSPECIFIED
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 04 Mar 2018 23:38
Last Modified: 04 Mar 2018 23:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70382
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item