PENGGUNAAN MINYAK IKAN DAN MINYAK CUMI PADA PENGKAYAAN Brachionus plicatilis TERHADAP PERTUMBUHAN DAN TINGKAT KONSUMSI LARVA IKAN KERAPU CANTANG Epinephelus fuscoguttatus × Epinephelus lanceolatus = FISH AND SQUID OIL COMBINATION AS Brachionus plicatilis ENRICHMENT THROUGH GROWTH AND INGESTION RATE OF TIGER GROUPER × GIANT GROUPER HYBRID LARVAE Epinephelus fuscoguttatus × Epinephelus lanceolatus

ULFI NUFITA SARI, 141311133011 (2018) PENGGUNAAN MINYAK IKAN DAN MINYAK CUMI PADA PENGKAYAAN Brachionus plicatilis TERHADAP PERTUMBUHAN DAN TINGKAT KONSUMSI LARVA IKAN KERAPU CANTANG Epinephelus fuscoguttatus × Epinephelus lanceolatus = FISH AND SQUID OIL COMBINATION AS Brachionus plicatilis ENRICHMENT THROUGH GROWTH AND INGESTION RATE OF TIGER GROUPER × GIANT GROUPER HYBRID LARVAE Epinephelus fuscoguttatus × Epinephelus lanceolatus. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK PK.BP.35-18 Sar p ABSTRAK.pdf

Download (367kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK PK.BP.35-18 Sar p SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 7 March 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kerapu Cantang merupakan hasil persilangan antara ikan kerapu macan Epinephelus fuscoguttatus betina dan ikan kerapu kertang Epinephelus lanceolatus jantan. Kendala yang yang dihadapi dalam kegiatan pembenihan kerapu adalah pertumbuhan lambat dan tingkat konsumsi rendah pada awal pemeliharaan. Hal ini disebabkan karena rendahnya nutrisi yang diberikan pada stadia larva dan rendahnya kandungan asam lemak essensial pada tubuh larva kerapu. Pakan alami yang cocok diberikan untuk stadia awal larva ikan laut adalah Brachiounus plicatilis. Hal ini dikarenakan B.plicatilis mempunyai keunggulan yaitu; mudah dicerna, pergerakan lambat, ukuran sesuai dengan bukaan larva. Selain itu, B.plicatilis bersifat non selective filter feeder yang dapat menurunkan nutrisi pada B.plicatilis sehingga perlu dilakukan pengkayaan untuk meningkatkan nutrisi pada B.plicatilis. B. plicatilis mempunyai kandungan asam lemak omega 3 HUFA rendah. Upaya meningkatkan kualitas B. plicatilis dapat dilakukan dengan pengkayaan. minyak ikan dan minyak cumi yang merupakan salah satu bahan yang mempunyai kandungan asam lemak essensial seperti EPA dan DHA. Penelitian dilaksanakan pada bulan April sampai Juni 2017 di hatchery Taman Benur Nusantara Desa Gelung sedangkan pengamatan pertumbuhan dan tingkat konsumsi dilakukan di Laboratorium Pakan Alami Balai Perikanan Budidaya Air Payau (BPBAP) Situbondo. Analisis asam lemak dilakukan di Unit Layanan Pengujian Fakultas Farmasi Universitas Airlangga, Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan menggunakan rancangan percobaan Uji T dengan 2 perlakuan yaitu perlakuan (P0) larva diberikan B.plicatilis tanpa pengkayaan dan P1 larva diberkan B.plicatilis yang diperkaya 50% minyak ikan dan 50% minyak cumi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan minyak ikan dan minyak cumi pada pengkayaan B. plicatilis yang diperkaya dengan 50% minyak ikan dan 50% minyak cumi dapat meningkatkan pertumbuhan panjang relatif sebesar 8,86 ± 1,14 %/hari dan dapat meningkatkan tingkat konsumsi larva ikan kerapu cantang sebesar 0, 44 ± 0,13 ind/larva/jam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK.BP.35/18 Sar p
Subjects: Q Science > QL Zoology > QL614-639.8 Fishes
Creators:
CreatorsNIM
ULFI NUFITA SARI, 141311133011UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorWoro Hastuti Satyantini, Dr., Ir., M.Si.UNSPECIFIED
Thesis advisorAkhmad Taufiq Mukti, Dr., S.Pi., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 06 Mar 2018 22:54
Last Modified: 06 Mar 2018 22:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70432
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item