KEABSAHAN SURAT PENDAFTARAN CIPTAAN LUKISAN BADAK(Studi Kasus Wen Ken Drug Co Pte Ltd Melawan PT Sinde Budi Sentosa)

MIFTAHUR RIZQI ARRUMI FAJRIAH, 031311133001 (2018) KEABSAHAN SURAT PENDAFTARAN CIPTAAN LUKISAN BADAK(Studi Kasus Wen Ken Drug Co Pte Ltd Melawan PT Sinde Budi Sentosa). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (149kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 9 March 2021.

Download (1MB)

Abstract

Lukisan Badak merupakan suatu ciptaan yang dibuat oleh FYM dan kemudian diberikan kepada WKD, sebuah perusahaan asal Singapura yang memproduksi obat-obatan herbal. Salah satu produk yang diproduksi oleh WKD adalah larutan penyegar dimana terdapat lukisan Badak serta etiketnya dalam kemasan produk tersebut. WKD merambah pasar Indonesia dengan melakukan perjanjian lisensi dengan SBS dan BY. Namun, seiring berjalannya perjanjian tersebut SBS dan BY mendaftarkan ciptaan lukisan Badak dengan nomor surat pendaftaran 015649 atas nama bersama yakni WKD dan SBS. WKD yang merasa dilanggar hak ciptanya segera mengajukan gugatan ke Pengadilan Niaga pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, karena dalam perjanjian tidak ada pengalihan hak atas lukisan Badak tersebut. Skripsi ini akan membahas mengenai perlindungan hak cipta atas lukisan Badak dan juga bentuk pelanggaran hak cipta dan upaya pemulihan hak cipta atas ciptaan lukisan Badak. Suatu ciptaan akan mendapatkan perlindungan hak cipta secara otomatis (automatic protection) jika telahmemenuhi standard of copyright’s ability atau standar perlindungan hak cipta, yakni: originalitas (originality), kreativitas (creativity), dan perwujudan (fixation). Dalam kasus ini standard of copyright’s ability telah dipenuhi oleh WKD. Terdapat tiga macam pelanggaran dalam kasus ini yang dilakukan oleh SBS, antara lain: mengumumkan dan memperbanyak ciptaan tanpa izin, menghilangkan salah satu ciptaan dalam produk, dan mendaftarkan ciptaan milik orang lain (tanpa hak). Dalam pelanggaran hak cipta, dapat dilakukan upaya hukum untuk memulihkan hak cipta tersebut, yakni: gugatan pembatalan surat ciptaan, gugatan pelanggaran hak cipta disertai ganti rugi, laporan tindak pidana hak cipta, serta alternative penyelesaian sengketa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK FH 98/18 Faj k
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Hak Cipta, Lukisan Badak, Bentuk Pelanggaran dan Upaya Pemulihan
Subjects: K Law > KB Religious law in general > KB1-4855 Religious law in general. Comparative religious law. Jurisprudence
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsNIM
MIFTAHUR RIZQI ARRUMI FAJRIAH, 031311133001UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRahmi Jened, Prof.,Dr.,S.H.,M.HUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 08 Mar 2018 18:31
Last Modified: 08 Mar 2018 18:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70507
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item