ANALISIS STATISTIK KEPUASAN PENGUNJUNG KEBUN BINATANG SURABAYA DENGAN MENGGUNAKAN METODE CUSTOMER SATISFACTION INDEX, ANALISIS FAKTOR, REGRESI LINIER BERGANDA, DAN GAP

RACHMANIA ISMAILIA, 081411831009 (2018) ANALISIS STATISTIK KEPUASAN PENGUNJUNG KEBUN BINATANG SURABAYA DENGAN MENGGUNAKAN METODE CUSTOMER SATISFACTION INDEX, ANALISIS FAKTOR, REGRESI LINIER BERGANDA, DAN GAP. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK ST.S.06-18 Ism a ABSTRAK.pdf

Download (119kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK ST.S.06-18 Ism a SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 12 March 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kebun Bintang Surabaya (KBS) adalah kebun binatang terpopular di Indonesia yang memiliki satwa terlengkap se-Asia Tenggara. Kebun Binatang tertua dan satu-satunya tempat yang terfavorit dikunjungi saat akhir pekan ataupun hari libur. Pada penelitian ini untuk menganalisis kepuasan pengunjung menggunakan empat metode yaitu CSI, analisis faktor, regresi linier berganda, dan gap. Hasil CSI menunjukkan bahwa pengunjung puas dengan pelayanan KBS. Faktor yang berhubungan dengan kepuasan pelayanan pengunjung berdasarkan analisis faktor dapat dikelompokkan sebagai profesional petugas, kebersihan area, keamanan pengunjung dari satwa, keanekaragaman satwa, prosedur pelayanan, dan keamanan pengunjung dari tindakan kejahatan. Variabel kepuasan pelayanan berdasarkan analisis regresi linier berganda adalah variabel profesional petugas, kebersihan area, keamanan pengunjung dari satwa, dan keanekaragaman satwa berpengaruh singnifikan terhadap kepuasan pengunjung KBS sedangkan variabel prosedur pelayanan dan keamanan pengunjung dari tindakan kejahatan tidak berpengaruh singnifikan terhadap kepuasan pengunjung KBS. Varibel secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan pengunjung KBS. Aspek pelayan yang menjadi prioritas utama untuk dilakukan perbaikan pelayanan berdasarkan analisis GAP adalah kualitas pemeliharaan sarana dan prasarana KBS, keseriusan pihak KBS dalam menanggapi keluhan pengunjung, kebersihan fasilitas umum (toilet, musholla, tempat duduk), kebersihan kandang hewan, kebersihan penampilan fisik hewan, kapasitas tempat duduk untuk berisitirahat, serta keamanan pengunjung dari amukan satwa pada saat berada di KBS.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.S.06/18 Ism a
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics > HA1-4737 Statistics
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Statistika
Creators:
CreatorsNIM
RACHMANIA ISMAILIA, 081411831009UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorArdi Kurniawan, Dr., M.Si.UNSPECIFIED
Thesis advisorSuliyanto, Drs., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 11 Mar 2018 18:34
Last Modified: 11 Mar 2018 18:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70570
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item