Analisis Teks Penolakan Kebijakan Politik Soekarno oleh Australia dalam Film the Year of Living Dangerously (1984)

Danya Sarastiwi, 071411533022 (2017) Analisis Teks Penolakan Kebijakan Politik Soekarno oleh Australia dalam Film the Year of Living Dangerously (1984). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.K.21 18 Sar a.pdf

Download (68kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.K.21 18 Sar a.pdf
Restricted to Registered users only until 12 March 2021.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL-Fis.K.21 18 Sar a.pdf

Download (485kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini fokus pada analisis teks penolakan kebijakan politik Soekarno oleh Australia dalam film the Year of Living Dangerously. Rumusan masalah yang diajukan adalah terkait bagaimana Australia, melalui film the Year of Living Dangerously, memunculkan penolakan terhadap kebijakan politik Soekarno di dalamnya. Sebagai film yang diproduksi oleh Australia, film ini memberikan perspektif baru terkait bagaimana negara barat memandang Soekarno sebagai presiden, berikut dengan kebijakan-kebijakan politik yang ia miliki. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis teks dari Tony Thwaites yang melihat adanya bahwa analisis teks melihat tanda, makna konotasi, makna denotasi, dan mitos yang ada di baliknya. Penelitian ini juga menggunakan pendekatan kualitatif serta tipe penelitian deskriptif. Tinjauan pustaka dalam penelitian ini adalah Hubungan Film dengan Politik; Diskursus Kebijakan Politik dalam Media; Soekarno, Kebijakan Politik, dan Penolakan, dan Analisis Teks Semiotika pada Film. Analisis teks penolakan kebijakan politik Soekarno oleh Australia dalam the Year of Living Dangerously menggambarkan bagaimana sebuah kebijakan politik dan kepemimpinan seorang tokoh dapat diartikulasikan melalui perspektif barat. Artikulasi tersebut ditunjukkan melalui dialog-dialog yang disampaikan oleh karakter-karakter dalam film ini. Melalui film ini ditunjukkan masalah yang dihadapi oleh Indonesia di bawah kepemimpinan Soekarno; dari konflik politik yang ada hingga keadaan masyarakat di dalamnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K.21/18 Sar a
Uncontrolled Keywords: Analisis teks semiotik, kebijakan politik, Soekarno, film, the Year of Living Dangerously.
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3154-3370 Constitutional law > K3220 Public policy
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302-302.87 Discourse analysis
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Danya Sarastiwi, 071411533022UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRendy Pahrun Wadipalapa, S.Ikom., MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 11 Mar 2018 19:56
Last Modified: 11 Mar 2018 19:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70589
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item