REPRESENTASI SUPERHERO PEREMPUAN DALAM FILM WONDER WOMAN (2017)

Riska Ayu Eka Putri, 071311533067 (2017) REPRESENTASI SUPERHERO PEREMPUAN DALAM FILM WONDER WOMAN (2017). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.K.40 18 Put r.pdf

Download (16kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.K.40 18 Put r.pdf
Restricted to Registered users only until 14 March 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini fokus pada representasi superhero perempuan dalam film Wonder Woman (2017). Topik ini menarik untuk diteliti karena representasi superhero perempuan dalam film Hollywood sangat minim. Selain itu, superhero perempuan juga hampir selalu diposisikan sebagai subordinat dan memainkan peran yang kurang signifikan dalam film. Sementara itu, film ini dipilih karena Wonder Woman (2017) merupakan karakter superhero perempuan yang sangat populer dan film ini menjadi film superhero pertama yang disutradarai oleh perempuan. Representasi superhero dilihat dari beberapa poin yaitu identitas superhero perempuan dalam film, stereotip perempuan dalam film, dan relasi antara superhero perempuan dengan tokoh utama laki-laki dalam film. Peneliti menggunakan metode semiotika film Christian Metz yang mengalisis film melalui syntagm dan paradigm yang ditampilkan dalam film. Penelitian ini menggunakan tinjauan pustaka berupa representasi perempuan dalam film, identitas, stereotip gender perempuan dalam film superhero, film sebagai media representasi, genre superhero dalam film, semiotika film Christian Metz, dan grammar of film. Penelitian ini menunjukkan bahwa superhero perempuan dalam film yang menjadi objek penelitian ditampilkan sebagai sosok yang memiliki sisi femininitas dan maskulinitas yang seimbang. Ia juga memainkan peran yang signifikan dalam film. Selain itu, stereotip tentang perempuan yang muncul dalam film ini adalah perempuan sebagai sosok yang memiliki kebebasan untuk berkarier dan memimpin, namun juga masih memiliki sisi feminin yang menonjol. Sementara itu, dalam relasi antara superhero perempuan dengan tokoh utama laki-laki, terjadi relasi kuasa yang setara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K.40/18 Put r (JURNAL TIDAK TERSEDIA)
Uncontrolled Keywords: Superhero perempuan, representasi, identitas, stereotip, semiotika film.
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV697-3024 Special classes > HV1442-1448 Women
N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR > N1-(9211) Visual arts
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Riska Ayu Eka Putri, 071311533067UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorLiestianingsih Dwi D., Dr., Dra., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 13 Mar 2018 19:40
Last Modified: 13 Mar 2018 19:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70689
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item