Perilaku Penemuan Informasi di Kalangan Mahasiswa Program Pendidikan Dokter Spesialis Fakultas Kedokteran, Universitas Airlangga – RSUD. Dr. Soetomo, Surabaya (Studi Deskriptif Pada Mahasiswa Departemen/ SMF Ilmu Kesehatan Anak)

Zera Adhadina, 071211631003 (2018) Perilaku Penemuan Informasi di Kalangan Mahasiswa Program Pendidikan Dokter Spesialis Fakultas Kedokteran, Universitas Airlangga – RSUD. Dr. Soetomo, Surabaya (Studi Deskriptif Pada Mahasiswa Departemen/ SMF Ilmu Kesehatan Anak). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.IIP.18 18 Adh p.pdf

Download (104kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.IIP.18 18 Adh p.pdf
Restricted to Registered users only until 15 March 2021.

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.IIP.18 18 Adh p.pdf

Download (270kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sebagai mahasiswa program pendidikan dokter spesialis Ilmu Kesehatan Anak memiliki kebutuhan informasi yang cukup tinggi karena adanya peran dan tugas yang harus diselesaikan. Kebutuhan informasi tersebut menyebabkan mahasiswa melakukan penemuan informasi dengan melakukan berbagai aktivitas khususnya untuk mendapatkan berbagai literatur. Penelitian ini menggambarkan tentang kebutuhan informasi, perilaku penemuan informasi, dan hambatan dalam menemukan informasi mahasiswa PPDS-1 Ilmu Kesehatan Anak Universitas Airlangga – RSUD Dr. Soetomo, Surabaya. Model operasional dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan model perilaku penemuan informasi Wilson yang dikaitkan dengan model dari David Ellis. Jenis metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan penyebaran kuesioner dan wawancara probing. Hasil penelitian ini adalah 1) Kebutuhan informasi mahasiswa PPDS-1 Ilmu Kesehatan Anak tinggi, khususnya kebutuhan informasi mengenai karya akhir (3.49), 2) hambatan internal yang dihadapi adalah keterbatasan bahasa asing (2.68), dan hambatan eksternal yang dihadapi yaitu ketrbatasan waktu (2.53). 3) Proses penemuan informasi a) starting, banyak yang bertanya pada dosen/ dokter (3.52) dan menggunakan synopsis (3.22), b) chaining, menggunakan catatan yang disarankan sumber (3.21) c) browsing, Sumber informasi yang digunakan adalah artikel (3.25) dengan menggunakan saluran dari internet (3.21), d) differentiating, menggunakan informasi yang valid (3.4) e) monitoring, dengan melakukan kajian (3.38), f) extracting, menggunakan usia maksimal lima tahun (3.06), g) verifying, berdasarkan kandungan informasi (3.14), h) ending, informasi banyak digunakan untuk karya akhir (3.00), Mahasiswa PPDS-1 Ilmu Kesehatan Anak sangat membutuhkan informasi, untuk itu mereka melakukan perilaku penemuan informasi, dalam menemukan informasi tersebut ada hambatan yang dialami namun hambatan tersebut tidak mengganggu proses penemuan informasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.IIP.18/18 Adh p
Uncontrolled Keywords: Perilaku Penemuan Informasi, David Ellis, Mahasiswa, Program Pendidikan Dokter Spesialis, Ilmu Kesehatan Anak
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1106-1171 Interpersonal relations. Social behavior
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
Zera Adhadina, 071211631003UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRagil Tri Atmi, S.IIP., MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 14 Mar 2018 16:54
Last Modified: 14 Mar 2018 16:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70742
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item