PENERIMAAN MASYARAKAT TERHADAP PROGRAM KAMPUNG MAJAPAHIT DI KECAMATAN TROWULAN

HARDIAN ISROFI DIPTYANTI, 071514853020 (2018) PENERIMAAN MASYARAKAT TERHADAP PROGRAM KAMPUNG MAJAPAHIT DI KECAMATAN TROWULAN. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_TSK.04 18 Dip p.pdf

Download (59kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_TSK.04 18 Dip p.pdf
Restricted to Registered users only until 16 March 2021.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_TSK.04 18 Dip p.pdf

Download (147kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Trowulan menjadi daerah yang dipilih untuk menjadi Kampung Majapahit karena Trowulan merupakan situs purbakala dari masa Majapahit yang telah menghasilkan warisan dalam hal sosial kebudayaan. Peninggalan Majapahit penting untuk dilestarikan karena merupakan kekayaan warisan budaya yang belum tentu dimiliki oleh daerah lain Penelitian ini berkaitan dengan analisis terhadap penerimaan inovasi program Kampung Majapahit tahap 1 dan tahap 2 oleh masyarakat Trowulan, khususnya Desa Bejijong, Desa Sentonorejo dan Desa Jatipasar. Ada masyarakat yang menerima dan menolak untuk mengadopsi inovasi ini. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data akan dianalisis dengan mengidentifiikasi dinamika gambaran proses adopsi inovasi pada program Kampung Majapahit oleh masyarakat yang menjadi sasaran. Informan dalam penelitian ini adalah masyarakat Desa Bejijong, Desa Sentonorejo dan Desa Jatipasar yang menjadi sasaran dan juga pelaksana dari program tersebut. Hasil dari penelitian ini dapat dinyatakan sebagai berikut: Pada tahap pengetahuan, terdapat perbedaan pengetahuan awal antara masyarakat Desa Bejijong dan masyarakat Desa Sentonorejo dalam memahami inovasi. Pada tahap persuasi, perilaku positif dan negatif target sasaran dipengaruhi oleh manfaat relatif dan keserasian dari inovasi tersebut. Pada tahap pengambilan keputusan dilakukan berdasarkan keputusan individual opsional dengan tempo yang berbeda masingmasing individu. Sementara dalam tahap implementasi, penerima inovasi belum dapat sepenuhnya memanfaatkannya sesuai dengan tujuan inovasi tersebut sehingga perubahan belum dapat sepenuhnya mereka rasakan. Dalam tahap pemantapan, umumnya target sasaran tetap pada keputusannya walaupun penerima inovasi mengalami kendala dalam pemanfaatannya. Tingkat penerimaan inovasi selain dipengaruhi oleh atribut inovasi itu sendiri juga dipengaruhi oleh tipe keputusan inovasi, saluran komunikasi, sistem sosial, dan agen perubahan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSK.04/18 Dip p
Uncontrolled Keywords: adopsi inovasi, inovasi, Kampung Majapahit
Subjects: J Political Science > JZ International relations > JZ5-6530 International relations > JZ24-38 Societies, associations, academies, institutes, etc., for the study of international relations
Q Science > Q Science (General) > Q10-101 Societies
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Media dan Ilmu Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
HARDIAN ISROFI DIPTYANTI, 071514853020UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorYayan Sakti Suryandaru, Dr., S.Sos., MSi.UNSPECIFIED
Thesis advisorIrfan Wahyudi, S.Sos., M.Comms., Ph.D.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 15 Mar 2018 17:05
Last Modified: 15 Mar 2018 17:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70855
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item