BUMDes AL-MADINA DALAM PERSPEKTIF MODAL SOSIAL JAMES S. COLEMAN (Studi Tentang Pengembangan Perekonomian Di Desa Temurejo Kecamatan Bangorejo Kabupaten Banyuwangi)

Brian Syah Putra, 071514753004 (2018) BUMDes AL-MADINA DALAM PERSPEKTIF MODAL SOSIAL JAMES S. COLEMAN (Studi Tentang Pengembangan Perekonomian Di Desa Temurejo Kecamatan Bangorejo Kabupaten Banyuwangi). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_TSO.01 18 Put b.pdf

Download (103kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_TSO.01 18 Put b.pdf
Restricted to Registered users only until 16 March 2021.

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_TSO.01 18 Put b.pdf

Download (221kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berawal dari adanya program pemerintah untuk memajukan perekonomian desa dengan memanfaatkan potensi lokal melalui lembaga ekonomi baru yakni BUMDes. Penelitian yang berjudul modal sosial BUMDes Al-Madina dalam mengembangkan perekonomian Desa Temurejo, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan paradigma definisi sosial. Penelitian ini berusaha mengkaji bagaimana modal sosial diusahakan dalam proses pengembangan perekonomian desa. Sumber data primer diperoleh melalui wawancara mendalam dengan informan yang ditentukan secara snowball dan purposive serta didukung oleh dokumentasi. Lokasi penelitian adalah di komunitas masyarakat Desa Temurejo Kecamatan Bangorejo Kabupaten Banyuwangi beserta BUMDes Al-Madina. Subyek yang diteliti merupakan warga masyarakat yang terlibat dalam program, pengurus BUMDes, dan pihak-pihak terkait yang mengetahui program BUMDes. Oleh karena itu, fokus penelitian ini dispesifikasi pada kajian tentang bagaimana praktek modal sosial dalam mengembangkan perekonomian desa. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori modal sosial yang dikemukakan oleh James Coleman. Secara garis besar, kesimpulan dalam penelitian ini yaitu modal sosial dalam struktur kemasyarakatan Desa Temurejo tidak dilakukan dengan benar. Modal sosial hanya dilakukan dalam rangka membentuk jaringan sosial dengan pihak-pihak yang dapat memberikan manfaat yang dibutuhkan BUMDes. Penggunaan modal sosial dalam penelitian ini adalah sebagai akses terhadap sumberdaya yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan dalam pengembangan ekonomi desa yang bisa didapat melalui serangkaian kerjasama dengan pihak ketiga.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSO.01/18 Put b
Uncontrolled Keywords: Modal sosial, Pengembangan, Ekonomi, BUMDes.
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM701 Social systems
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM706 Social structure
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Ilmu Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
Brian Syah Putra, 071514753004UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHotman M. Siahaan, Prof., Dr., Drs.UNSPECIFIED
Thesis advisorDoddy S. Singgih, Drs., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 15 Mar 2018 19:07
Last Modified: 15 Mar 2018 19:07
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70892
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item