HUBUNGAN ORGANIZATIONAL CULTURE, ORGANIZATIONAL COMMITMENT, DAN SISTEM REWARD AND PUNISHMENT DENGAN KINERJA PUSKESMAS (Studi di Puskesmas Kota Surabaya)

ANINDYA ASTRIANTI MARTASARI, 101314453041 (2018) HUBUNGAN ORGANIZATIONAL CULTURE, ORGANIZATIONAL COMMITMENT, DAN SISTEM REWARD AND PUNISHMENT DENGAN KINERJA PUSKESMAS (Studi di Puskesmas Kota Surabaya). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (21kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 16 March 2021.

Download (2MB)

Abstract

Penilaian kinerja Puskesmas dinilai berdasarkan aspek cakupan pelayanan serta aspek kualitas pelayanan dan manajemen. Berdasarkan Penilain Kerja Puskesmas (PKP) tahun 2013 pada aspek cakupan pelayanan terdapat 6,35% Puskesmas berkatagori baik, 44,44% Puskesmas berkatagori cukup, dan 49,21% berkatagori kurang. Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis hubungan budaya organisasi, komitmen organisasi, dan sistem pengharagaan dan hukuman dengan kinerja di Puskesmas Kota Surabaya. Penelitian ini dilakukan secara analitik dan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilakukan dalam periode Desember 2016 sampai Februari 2017. Sampel penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Selain itu dalam pengumpulan data menggunakan grup diskusi. Jenis uji yang digunakan yaitu cross tabulation. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa organizational culture Puskesmas Kota Surabaya yang dominan yaitu bertipologi involvement organizational commitment Puskesmas Kota Surabaya yang dominan yaitu normative commitment. Sistem reward and punishment Puskesmas Kota Surabaya sangat baik. Kinerja (program wajib) Puskesmas Kota Surabaya yaitu sangat kurang. Berdasarkan uji cross tabulation menunjukkan bahwa ada kecenderungan hubungan cukup antara organizational culture bertipologi involvement and adaptability (mix culture), organizational commitment bertipe continues commitment dan sistem reward and punishment sangat baik dengan kinerja (program wajib) Puskesmas.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKA 17/18 Mar h
Uncontrolled Keywords: Budaya Organisasi, Komitmen Organisasi, Sistem Penghargaan dan Hukuman, Kinerja
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3566-3578 Public health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Administrasi Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM
ANINDYA ASTRIANTI MARTASARI, 101314453041UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorWidodo J.P., , dr., M.S., M.PH., Dr.PH.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 15 Mar 2018 22:17
Last Modified: 15 Mar 2018 22:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70907
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item