UPAYA MENURUNKAN SHORTAGE COST MELALUI TOTAL COST ANALYSIS DI INSTALASI FARMASI KLINIK KUNCUP CERIA MOJOKERTO

HELMY UMMU ATHIYAH, 101414453035 (2018) UPAYA MENURUNKAN SHORTAGE COST MELALUI TOTAL COST ANALYSIS DI INSTALASI FARMASI KLINIK KUNCUP CERIA MOJOKERTO. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (20kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 16 March 2021.

Download (1MB)

Abstract

Shortage cost adalah biaya yang timbul akibat terjadinya stockout. Shortage cost pada Instalasi Farmasi Klinik Kuncup Ceria khususnya pada obat kategori A sebesar 36% dari pembelian obat kategori A. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyusun rekomendasi upaya menurunkan shortage cost dengan melakukan analisis biaya farmasi dengan menggunakan metode Total Cost Analysis. Metode penelitian ini adalah riset simulasi dengan pemakaian riil obat yang dilakukan pada perencanaan persediaan dengan menggunakan metode Minimum Maximum Stock Level (MMSL) dan metode Economic Order Quantity (EOQ). Penelitian ini selama bulan Oktober sampai November tahun 2016 di Instalasi Farmasi Klinik Kuncup Ceria. Sampel penelitian ini adalah obat kategori A. Setelah dilakukan simulasi dihitung shortage cost masing-masing hasil simulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa shortage cost dan total cost terendah pada simulasi MMSL 5 hari+EOQ. Penurunan shortage cost dengan metode MMSL 5 hari+EOQ dapat menurunkan shortage cost 65% dari shortage cost yang dilakukan pada perencanaan tanpa metode. Kesimpulannya bahwa berdasarkan total cost analysis, penerapan metode MMSL 5 hari+EOQ dapat menurunkan shortage cost hingga 65%. Disarankan untuk melakukan evaluasi secara rutin terhadap analisis ABC dan perhitungan kebutuhan obat untuk mengantisipasi terjadinya stockout, serta penyesuaian untuk menerapkan metode MMSL 5 hari+EOQ

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKA 18/18 Ath u
Uncontrolled Keywords: Drug Supply, Shortage Cost, Total Cost Analysis
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA428-428.5 Public health laboratories, institutes, etc.
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Administrasi Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM
HELMY UMMU ATHIYAH, 101414453035UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorThinni Nurul R, Dr.., Dra.Ec., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 15 Mar 2018 22:20
Last Modified: 15 Mar 2018 22:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70908
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item