KEPATUHAN SYARIAH (SHARIA COMPLIANCE) AKAD MUDHARABAH DI BAITUL MAAL WAT TAMWIL BINA INSAN MANDIRI (BMT-BIM) CABANG RENGEL – TUBAN

AININ AINIYAH, 041411431125 (2018) KEPATUHAN SYARIAH (SHARIA COMPLIANCE) AKAD MUDHARABAH DI BAITUL MAAL WAT TAMWIL BINA INSAN MANDIRI (BMT-BIM) CABANG RENGEL – TUBAN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_FEB.EI.20 18 Ain k.pdf

Download (37kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_FEB.EI.20 18 Ain k.pdf
Restricted to Registered users only until 22 March 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kepatuhan syariah akad mudharabah dalam produk pembiayaan yang ditawarkan oleh BMT BIM cabang Rengel. Hal-hal yang perlu ditinjau dalam praktik akad mudharabah ini disesuaikan dengan poin-poin yang ada pada Fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (Fatwa DSN-MUI) No.07/DSN-MUI/IV/2000 tentang pembiayaan mudharabah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan strategi studi kasus secara deskriptif. Objek dari penelitian ini adalah BMT BIM cabang Rengel, Tuban. Dengan melakukan wawancara kepada tiga responden yang terdiri dari pimpinan cabang marekting, dan nasabah mudharabah BMT BIM cabang Rengel. Setelah dilakukan wawancara hasil penelitian dianalisis menggunakan penjodohan pola untuk mendapatkan kesimpulan. Hasil dari penelitian yang dilakukan dengan observasi dan wawancara oleh peneliti kepada tiga responden tersebut bahwasanya operasional akad mudharabah pada produk pembiayaan di BMT BIM cabang Rengel telah memenuhi kepatuhan syariah, hal ini disesuaikan dengan Fatwa DSN-MUI No.07/DSN-MUI/IV/2000 tentang pembiayaan mudharabah yang didalamnya terdapat tiga poin keseuaian, yaitu ketentuan pembiayaan, rukun dan syarat mudharabah, dan hukum pembiayaan mudharabah. Pengimplementasian kepatuhan ini memberikan manfaat untuk berbagai pihak yang terlibat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FEB.EI.20/18 Ain k
Uncontrolled Keywords: Kepatuhan syariah, BMT BIM, mudharabah, fatwa DSN-MUI.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Creators:
CreatorsNIM
AININ AINIYAH, 041411431125UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSyifaul Qulub, S.Ag., M.EI.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 21 Mar 2018 21:05
Last Modified: 21 Mar 2018 21:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/71136
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item