HYBRID ALGORITMA HARMONY SEARCH (HS) DAN ALGORITMA SIMULATED ANNEALING (SA) UNTUK MENYELESAIKAN UNCAPACITATED FACILITY LOCATION PROBLEM (UFLP)

ANDRI ADE PUTRA, 081211233039 (2018) HYBRID ALGORITMA HARMONY SEARCH (HS) DAN ALGORITMA SIMULATED ANNEALING (SA) UNTUK MENYELESAIKAN UNCAPACITATED FACILITY LOCATION PROBLEM (UFLP). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK MPM.20-18 Put h ABSTRAK.pdf

Download (117kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK MPM.20-18 Put h SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 23 March 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Uncapacitated Facility Location Problem (UFLP) merupakan suatu permasalahan untuk menemukan lokasi optimal untuk membangun fasilitas dimana fasilitas tersebut akan melayani sejumlah customer yang terdiri dari sejumlah pilihan lokasi untuk membangun fasilitas. Pada masalah ini diasumsikan bahwa fasilitas yang dibangun tidak mempunyai batasan dalam melayani customer, seluruh permintaan dari setiap customer hanya dilayani oleh satu fasilitas, dan satu lokasi hanya terdapat satu fasilitas. Fungsi tujuan UFLP adalah meminimumkan total biaya. Skripsi ini bertujuan untuk menerapkan algoritma Harmony Search (HS) dan algoritma Simulated Annealing (SA) untuk menyelesaikan Uncapacitated Facility Location Problem (UFLP). Algoritma HS merupakan salah satu metode yang dibangun berdasarkan proses pengamatan seorang musisi dalam mencari harmoni yang tepat. Algoritma SA merupakan metode yang terispirasi dari proses annealing dalam bidang pengerasan kristal. Program penyelesaian UFLP menggunakan algoritma HS-SA dibuat dalam bahasa pemrograman C++ 5.02 yang diimplementasikan pada 2 contoh kasus yaitu data kecil D1 menggunakan data 10 lokasi 15 customer dengan total biaya minimum sebesar 149.690,480, sedangkan untuk data besar D2 menggunakan data 50 lokasi 50 customer dengan total biaya minimum sebesar 828.556,060. Berdasarkan hasil implementasi didapatkan bahwa perubahan parameter Bandwith tidak terlalu berpengaruh signifikan, namun semakin besar maksimum iterasi dan semakin besar populasi solusi yang dibangkitkan maka solusi dari penyelesaian UFLP semakin baik yaitu dengan total biaya minimum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPM.20/18 Put h
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.73. Computer algorithms and Data structures
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika
Creators:
CreatorsNIM
ANDRI ADE PUTRA, 081211233039UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHerry Suprajitno, Dr., M.Si.UNSPECIFIED
Thesis advisorAsri Bekti Pratiwi, S.Si., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 22 Mar 2018 22:01
Last Modified: 22 Mar 2018 22:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/71224
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item