TEKNIK PEMBUATAN PAKAN TERAPUNG BERBENTUK PELET di BALAI BESAR PERIKANAN BUDIDAYA AIR TAWAR (BBPBAT) SUKABUMI JAWA BARAT

ERU UKO PRASETIAWAN, 141411131106 (2017) TEKNIK PEMBUATAN PAKAN TERAPUNG BERBENTUK PELET di BALAI BESAR PERIKANAN BUDIDAYA AIR TAWAR (BBPBAT) SUKABUMI JAWA BARAT. Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Airlangga. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_PKL.PK.BP.25 18 Pra t.pdf

Download (113kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_PKL.PK.BP.25 18 Pra t.pdf
Restricted to Registered users only until 28 March 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pakan merupakan salah satu faktor terpenting dalam kesuksesan budidaya. Pakan harus mengandung nutrisi sesuai dengan kebutuhan ikan. Pakan memiliki berbagai bentuk diantaranya pelet. Pelet merupakan bentuk pakan yang dipadatkan dan dikompakkan melalui proses mekanik dan dapat dibuat dalam bentuk gumpalan silinder kecil yang memiliki diameter, panjang dan tingkat kepadatan tertentu. Komposisi pelet berasal dari bahan-bahan yang memiliki kandungan gizi tertentu. Tujuan Praktek Kerja Lapang (PKL) ini yaitu untuk mengetahui dan mempelajari teknik pembuatan pakan terapung berbentuk pelet secara langsung, serta mengetahui kandungan nutrisi pelet diproduksi Balai Besar Perikanan Budidaya Air Tawar (BBPBAT) ,Sukabumi, Jawa Barat. Praktek kerja Lapang ini dilakukan di Balai Besar Perikanan Budidaya Air Tawar, Sukabumi, Jawa Barat pada tanggal 23 januari hingga 23 Februari 2017. Praktek Lapang ini adalah metode deskriptif dengan pengambilan data primer dan sekunder. Pengambilan data dilakukan dengan cara partisipasi aktif, observasi, wawancara dan studi pustaka. Teknik pembuatan pakan terapung berbentuk pelet meliputi pemilihan bahan baku, penyusunan formulasi, penimbangan, pencampuran bahan, pencetakan, pengeringan, pengemasan, penyimpanan. Formulasi pakan yang dibuat mengunakan microsoft office excel dengan rumus yang ditetapkan. Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan pakan adalah tepung dedak, tepung ikan, tepung tapioka, tepung jagung, pollard, corn gluten feed, vitamin mix, minyak sayur dan feed adiktif, molase, minyak ikan. Pakan kemudian dilakukan pengujian kandungan nutrisi terhadap kadar air, kadar abu, protein kasar, lemak kasar, serat kasar. Dan juga di lakukan pengujian terhadap lama daya apung pelet didalam air.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK PKL.PK.BP.25/18 Pra t
Uncontrolled Keywords: teknik, pakan terapung, pelet
Subjects: Q Science > QC Physics > QC871-874.8 Technique, Instructions for Observers
S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsNIM
ERU UKO PRASETIAWAN, 141411131106UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMuhammad Arief, Ir., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 27 Mar 2018 20:00
Last Modified: 27 Mar 2018 20:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/71356
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item