PENGARUH PENAMBAHAN KONSENTRASI SORBITOL TERHADAP KARAKTERISTIK EDIBLE FILM KARAGINAN

MONITA RAHMAWATI, 141211132017 (2017) PENGARUH PENAMBAHAN KONSENTRASI SORBITOL TERHADAP KARAKTERISTIK EDIBLE FILM KARAGINAN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_PK.BP.02 18 Rah p.pdf

Download (103kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Edible film merupakan suatu lapisan tipis yang berfungsi sebagai pengemas atau pelapis bahan pangan. Edible film dapat dibuat dari bahan dasar karaginan karena harganya mudah dijangkau dan ramah lingkungan. Edible film karaginan bersifat rapuh sehingga diperlukan penambahan sorbitol sebagai plasticizer untuk menghasilkan edible film yang lebih elastis, kuat, dan sesuai standar. Pemilihan sorbitol sebagai plasticizer karena sorbitol mampu mengurangi ikatan hidrogen internal pada ikatan intramolekular. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan konsentrasi sorbitol terhadap karakteristik edible film karaginan, serta mengetahui penambahan konsentrasi sorbitol yang optimal untuk menghasilkan edible film karaginan dengan karakteristik terbaik. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental. Rancangan penelitian yang digunakan ialah Rancangan Acak Lengkap (RAL), sebab dalam penelitian ini semua dikondisikan sama kecuali perlakuan. Hasil dan analisis data menunjukkan bahwa penambahan konsentrasi sorbitol dapat mempengaruhi karakteristik edible film karaginan, antara lain ketebalan, kuat tarik, dan perpanjangan putus. Sedangkan laju transmisi uap air pada edible film karaginan tidak dipengaruhi oleh penambahan konsentrasi sorbitol. Penambahan konsentrasi sorbitol sebanyak 6% menghasilkan edible film karaginan yang memiliki ketebalan 0,222 mm, kuat tarik 7,136 kgf/mm2, perpanjangan putus 20,46%, dan laju transmisi uap air 6,83%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK.BP.02/18 Rah p (TLP)
Uncontrolled Keywords: sorbitol, edible film
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH328-329 Fishery management. Fishery policy
S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries > SH334.5-334.7 Fishery technology
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsNIM
MONITA RAHMAWATI, 141211132017UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMuhammad Arief, Ir., M.Kes.UNSPECIFIED
Thesis advisorWoro Hastuti Satyantini, Dr., Ir., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 05 Apr 2018 16:42
Last Modified: 26 Apr 2018 16:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/71661
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item