STRATEGI MENINGKATKAN KUALITAS KEPUTUSAN KEBERATAN BAGI WAJIB PAJAK

Afid Nurcahya, 041324253028 (2017) STRATEGI MENINGKATKAN KUALITAS KEPUTUSAN KEBERATAN BAGI WAJIB PAJAK. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_TEA.02 18 Nur s.pdf

Download (286kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam sistem self assessmentWajib Pajak diberikan kepercayaan penuh dalam mendaftar, menghitung, memperhitungkan, menyetorkan, dan melaporkan pajak yang terutang sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan yang berlaku. Apabila Direktur Jenderal Pajak mendapatkan bukti jumlah pajak yang terutang menurut Surat Pemberitahuan tidak benar, Direktur Jenderal Pajak menetapkan jumlah pajak yang terutang. Atas surat ketetapan pajak yang diterbitkan oleh Direktur Jenderal Pajak tersebutWajib Pajak dapat mencari kepastian hukum dan keadilan melalui pengajuan permohonan keberatan. Dengan menggunakan framework for audit quality yang telah dirumuskan oleh International Auditing and Assurance Standards Board, penelitian ini berusaha untuk memahami pemrosesan keberatan yang dilakukan oleh DJP. Meskipun jumlah Wajib Pajak yang mengajukan keberatan cenderung menurun, persentase jumlah keputusan keberatan yang menolak dan menambah jumlah pajak yang terutang justru mengalami peningkatan. Bahkan persentase kemenangan mutlak banding DJP cenderung menurun dari tahun ke tahun. Dengan memperhatikan fenomena tersebut dapat dikatakan bahwa terdapat permasalahan pada pemrosesan keberatan pada DJP. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. DJP harus menerapkan beberapa strategi untuk meningkatkan kualitas keputusan keberatan di antaranya: (1) membentuk unit pemroses keberatan yang tidak memiliki tanggung jawab terhadap penerimaan; (2) menciptakan standar keberatan terkait prasyarat jabatan penelaah keberatan, pelaksanaan keberatan, dan pelaporan keberatan; (3) meratakan beban kerja dan memperbanyak kesempatan untuk pengembangan diri tim peneliti keberatan; (4) memperbaiki metode evaluasi dan menyampaikan feedback hasil evaluasi kepada seluruh pemangku kepentingan; (5) menyempurnakan sistem informasi dan hasil pertukaran data serta memperbaiki kualitas database melalui pengembangan bank kasus; (6) memberikan feeding peraturan perundang-undangan perpajakan kepada Direktorat terkait; (7) membangun komunikasi baik antar tim peneliti keberatan maupun pihak eksternal seperti akademisi melalui forum diskusi secara reguler; serta (8) pemberian perlindungan hukum kepada tim peneliti keberatan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TEA.02/18 Nur s (TLP)
Uncontrolled Keywords: penetapan pajak, keberatan, teori agensi, kualitas audit, kepastian hukum dan keadilan
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ2240-5908 Revenue. Taxation. Internal revenue > HJ4629-4830 Income tax
H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ2240-5908 Revenue. Taxation. Internal revenue > HJ4919-4936 Capitation. Poll tax
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
Afid Nurcahya, 041324253028UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHamidah, Dr., Dra., MSi., Ak.CA.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 05 Apr 2018 17:37
Last Modified: 26 Apr 2018 17:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/71668
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item