PENGARUH KEPUASAN KERJA, KEPEMIMPINAN DAN HUBUNGAN ATASAN BAWAHAN TERHADAP KINERJA DAN KEINGINAN KELUAR KARYAWAN PADA PT. PAMAPERSADA NUSANTARA BANJARMASIN

Meiske Kristin Lumanauw, 091070317 (2017) PENGARUH KEPUASAN KERJA, KEPEMIMPINAN DAN HUBUNGAN ATASAN BAWAHAN TERHADAP KINERJA DAN KEINGINAN KELUAR KARYAWAN PADA PT. PAMAPERSADA NUSANTARA BANJARMASIN. Disertasi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Dis. E. 03-18 Lum p Abstrak.pdf

Download (98kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
Dis. E. 03-18 Lum p.pdf
Restricted to Registered users only until 17 April 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perubahan lingkungan bisnis akan membawa dampak perubahan pada strategi bisnis. Untuk dapat bertahan pada kondisi yang secara bertahap mengalami perubahan, manajemen perusahaan harus mengubah paradigma manajemen tradisional menjadi paradigma manajemen baru yaitu gaya manajemen yang mendasarkan pada fleksibilitas, kecepatan, inovasi, dan menyeluruh (terintegrasi). Permasalahan yang dihadapi oleh perusahaanperusahaan dewasa ini dalam pengelolaan SDM adalah tingginya tingkat keinginan keluar karyawan. Intentions to quit (keinginan keluar) dipicu oleh beberapa faktor diantaranya kepuasan kerja, kepemimpinan yang memunculkan ketidaknyamanan dalam bekerja, hubungan atasan bawahan (leader member exchange) kurang harmonis, dan standar kinerja yang sulit dipenuhi oleh karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis (1) Pengaruh kepuasan kerja terhadap keinginan keluar karyawan; (2) Pengaruh kepemimpinan terhadap keinginan keluar karyawan; (3) Pengaruh hubungan atasan bawahan terhadap keinginan keluar karyawan; (4) Pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan; (5) Pengaruh kepemimpinan terhadap kinerja karyawan pada; (6) Pengaruh hubungan atasan bawahan terhadap kinerja karyawan; (7) Pengaruh kinerja terhadap keinginan keluar karyawan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif yang didukung oleh data-data kualitatif. Rancangan penelitian ini adalah explanatory research atau penelitian penjelasan.Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan cluster Random Sampling. jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 100 orang karyawan PT. Pamapersada Nusantara Banjarmasin. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah structural equation modelling yang dilakukan dengan menggunakan paket program AMOS 22. Berdasarkan hasil penelitian terlihat bahwa (1) Kepuasan kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keinginan keluar karyawan; (2) Kepemimpinan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keinginan keluar karyawan; (3) Hubungan atasan bawahan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keinginan keluar karyawan; (4) Kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan; (5) Kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan; (6) Hubungan atasan bawahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan; (7) Kinerja karyawan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keinginan keluar karyawan.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: KKB KK-2 Dis. E. 03-18 Lum p
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Kerja, Kepemimpinan, Hubungan Atasan Bawahan, Kinerja, Keinginan Keluar Karyawan
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Doktoral Ilmu Ekonomi
Creators:
CreatorsNIM
Meiske Kristin Lumanauw, 091070317UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSiti Sulasmi IrawanSiti Sulasmi Irawan, Prof. Dr. Hj. , P.Si., M.ScUNSPECIFIED
Thesis advisorDwi Ratmawati, Dr. Hj., SE., M.ComUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 16 Apr 2018 21:49
Last Modified: 22 Apr 2018 19:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/71846
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item