ANALISIS DAMPAK INDONESIA-JAPAN ECONOMIC PARTNERSHIP AGREEMENT (IJEPA) TERHADAP KONDISI MAKRO DAN SEKTORAL EKONOMI INDONESIA: PENDEKATAN GLOBAL TRADE ANALYSIS PROJECT (GTAP)

KHAULAH QURATA A’YUN, 041411131090 (2018) ANALISIS DAMPAK INDONESIA-JAPAN ECONOMIC PARTNERSHIP AGREEMENT (IJEPA) TERHADAP KONDISI MAKRO DAN SEKTORAL EKONOMI INDONESIA: PENDEKATAN GLOBAL TRADE ANALYSIS PROJECT (GTAP). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
C. 69 - 18 A'yu a Abstrak.pdf

Download (46kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
C. 69 - 18 A'yu a.pdf
Restricted to Registered users only until 25 April 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Indonesia Japan Economic Partnership Agreemenet (IJEPA) merupakan perjanjian perdagangan bebas bilateral pertama yang dilakukan Indonesia dan paling komprehensif pemberlakuan kebijaknnya. IJEPA disahkan pada tanggal 20 Agustus 2007 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Perdana Menteri Shinjo Abe dan tarif bea masuk yang disepakati berlaku efektif pada 1 Juli 2008. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak IJEPA terhadap kondisi makro dan sektoral ekonomi di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan Global Trade Analysis Project (GTAP) versi 9 dengan database 57 sektor/komoditi dan 140 negara yang diagregasi menjadi 3 region, yakni Indonesia, Jepang, dan rest of the world. Berdasarkan hasil simulasi penurunan tarif impior berturut-turut sebesar 10 persen, 5 persen, dan 0 persen, kesepakatan IJEPA secara umum berdampak positif terhadap kondisi makroekonomi Indonesia kecuali kondisi neraca perdagangan Indonesia yang cenderung defisit. Kondisi tersebut disebabkan oleh permintaan impor terhadap komoditi Jepang lebih tinggi dibandingkan penawaran ekspor Indonesia ke Jepang. Daya saing produk domestik dinilai masih rendah dibandingkan negara lain yang juga bersaing memasuki pasar Jepang. Namun, peningkatan permintaan impor mencerminkan peningkatan daya beli masyarakat Indonesia yang juga mengindikasikan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 C. 69 - 18 A'yu a
Uncontrolled Keywords: IJEPA, GTAP, makroekonomi, sektoral ekonomi.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory > HB172.5 - Macroeconomics
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > HC10-1085 Economic history and conditions
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
Creators:
CreatorsNIM
KHAULAH QURATA A’YUN, 041411131090UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRossanto Dwi Handoyo, SE., M.Si., Ph.D.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 24 Apr 2018 16:23
Last Modified: 24 Apr 2018 16:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/71963
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item