PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA PENYELIDIK TERHADAP KORBAN SALAH TANGKAP TERDUGA TERORISME

WYDAN DERY PERWIRA, 031411131137 (2018) PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA PENYELIDIK TERHADAP KORBAN SALAH TANGKAP TERDUGA TERORISME. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
FH. 110-18 Per p Abstrak.pdf

Download (35kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
FH. 110-18 Per p.pdf
Restricted to Registered users only until 3 May 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tindak pidana terorisme merupakan kejahatan terhadap kemanusiaan dan peradaban yang telah menimbulkan banyak korban dan kerugian, pelaku tindak pidana terorisme sudah banyak melakukan aksi terorisme di wilayah Negara Republik Indonesia. Aparat penegak hukum yang menangani perkara tindak pidana terorisme dalam melakukan penangkapan terduga pelaku terorisme menggunakan prosedur penangkapan dalam peraturan perundang-undangan. Dalam praktek penegakan hukum masih terdapat kasus salah tangkap pelaku tindak pidana terorisme oleh aparat penegak hukum. Metode penelitian dalam skripsi ini adalah berupa penelitian hukum yang bersifat normatif dan empiris, yang menggunakan pendekatan perundangundangan, pendekatan kasus, dan pendekatan konseptual. Studi ini menyimpulkan bahwa perbuatan salah tangkap pelaku tindak pidana terorisme dapat dimintakan pertanggungjawaban pidana, sebab perbuatan tersebut memenuhi syarat pemidanaan berupa adanya kesalahan yang tidak terdapat alasan pemaaf dan adanya perbuatan melawan hukum yang tidak ada alasan pembenar. Studi ini juga menyimpulkan konsekuensi hukum yang dapat diberikan kepada korban salah tangkap terduga tindak pidana terorisme untuk menjamin hak-hak korban salah tangkap.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FH. 110-18 Per p
Uncontrolled Keywords: Terorisme, Salah Tangkap, Pertanggungjawaban Pidana, Konsekuensi Hukum
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K5000-5582 Criminal law and procedure
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsNIM
WYDAN DERY PERWIRA, 031411131137UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBambang Suheryadi, Dr., S.H., M.HumUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 02 May 2018 22:23
Last Modified: 02 May 2018 22:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/72102
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item