KUALITAS PENGETAHUAN MAHASISWA PENGGUNA WEBSITE E-LEARNING PSYCHE FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS AIRLANGGA SURABAYA

Fara Ayu Ekasari Firdaus, 071411631041 (2018) KUALITAS PENGETAHUAN MAHASISWA PENGGUNA WEBSITE E-LEARNING PSYCHE FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS AIRLANGGA SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.IIP.25 18 Fir k.pdf

Download (19kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.IIP.25 18 Fir k.pdf
Restricted to Registered users only until 21 May 2021.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.IIP.25 18 Fir k.pdf

Download (291kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pemanfaatan teknologi informasi dalam kegiatan pembelajaran dikenal dengan sebutan e-learning. Dalam kegiatan e-learning penting untuk menilai bagaimana kualitas pengetahuan atau secara konsep disebut dengan Knowledge Quality (KQ). Fakultas Psikologi merupakan fakultas yang telah menerapkan metode pembelajaran e-learning secara mandiri dan tidak tergabung kedalam AULA (Airlangga University e-Learning Application). Alasan Fakultas Psikologi tidak tergabung dalam AULA karena fakultas ini telah memiliki e-learning sebelum AULA muncul dan masih berjalan dengan efektif hingga saat ini. Elearning milik Fakultas Psikologi diberi nama PsyChe. Melihat keberhasilan dari penerapan PsyChe, maka menjadi hal yang menarik apabila dilakukan pengujian mengenai Knowledge Quality yang ada pada mahasiswa Psikologi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan metode pengambilan sampel purposive sampling. Jumlah responden yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 90 orang yang terdiri dari mahasiswa Psikologi angkatan 2014 hingga 2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Knowledge Quality yang terdiri dari lima dimensi yaitu intrinsic KQ memiliki prosentase yang tinggi dalam hal trustworthy 95.6%, contextual KQ memiliki prosentase yang tinggi dalam hal level of detail 85.6%, representational KQ memiliki prosentase yang tinggi dalam hal concise representational dan consistent representational 85.6%, accessible KQ memiliki prosentase yang tinggi dalam hal accessible 87.8%, dan actionable KQ memiliki prosentase yang tinggi dalam hal expandable 77.8%. Prosentase terendah yang dimiliki dimensi ini adalah actionable KQ sehingga diperlukan pengembangan untuk peningkatan pada tindak lanjut pengetahuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.IIP.25/18 Fir k
Uncontrolled Keywords: Knowledge Quality, e-learning, PsyChe, Fakultas Psikologi
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
Fara Ayu Ekasari Firdaus, 071411631041UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorFitri Mutia A., KS., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 20 May 2018 19:20
Last Modified: 20 May 2018 19:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/72397
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item