PERSEPSI PEMBACA TERHADAP MAJALAH GOGIRL! PASCA REBRANDING MENJADI GOGIRL! PLAYZINE

Putrika Santiaji, 071411531009 (2018) PERSEPSI PEMBACA TERHADAP MAJALAH GOGIRL! PASCA REBRANDING MENJADI GOGIRL! PLAYZINE. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.K.60 18 San p.pdf

Download (132kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.K.60 18 San p.pdf
Restricted to Registered users only until 31 May 2021.

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.K.60 18 San p.pdf

Download (432kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berfokus pada persepsi pembaca terhadap perubahan majalah Gogirl! pasca rebranding menjadi Gogirl! playzine, yang meliputi desain sampul depan dan layout, tagline serta konten dalam majalah. Dalam penelitian ini, majalah Gogirl! tidak hanya dipandang sebagai sebuah produk namun juga sebuah brand, sehingga persepsi pembaca sebagai konsumen menjadi penting dalam membentuk citra brand Gogirl!. Konsep playzine yang hadir sejak edisi Oktober 2016 ini memiliki keunikan karena pembaca tidak hanya mendapatkan informasi namun juga berkreasi dan melakukan aktivitas di dalamnya. Konsep ini dihadirkan Gogirl! ketika kompetitornya satu persatu gulung tikar atau bermigrasi ke media online. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Dalam mengumpulkan data, peneliti melakukan wawancara kepada remaja perempuan yang telah membaca konsep lama maupun konsep baru majalah Gogirl!. Beberapa teori yang digunakan dalam penelitian ini antara lain rebranding, elemen branding dalam majalah, persepsi konsumen, serta beberapa teori lainnya yang relevan. Berdasarkan hasil analisis, peneliti menemukan bahwa tiap informan memiliki persepsi yang unik dan beragam terhadap desain, konten, dan tagline dari Gogirl! Playzine sebagai hasil rebranding dari majalah Gogirl!. Perbedaan persepsi terjadi dikarenakan adanya perbedaan pengalaman serta latar belakang pendidikan, kebiasaan, dan minat dari para informan yang ikut berperan dalam proses persepsi yang meliputi seleksi, organisasi, dan interpretasi. Meskipun begitu, persepsi informan terhadap Gogirl! Playzine tidak serta merta menunjukkan bagaimana citra dari majalah Gogirl! secara keseluruhan karena penelitian ini tidak bertujuan untuk mengeneralisasikan persepsi pembaca.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K.60/18 San p
Uncontrolled Keywords: persepsi pembaca, product branding, rebranding, majalah
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1041-1101 Social perception. Social cognition Including perception of the self and others, prejudices, stereotype
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Putrika Santiaji, 071411531009UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSanti Isnaini, Dr., S.Sos., MM.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 30 May 2018 17:19
Last Modified: 30 May 2018 17:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/72447
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item