CAP SOSIAL ORANG DENGAN HIV dan AIDS (ODHA) Studi Sosiologi Kualitatif Tentang Stigma

INDAH MAHARANI, 071411431006 (2018) CAP SOSIAL ORANG DENGAN HIV dan AIDS (ODHA) Studi Sosiologi Kualitatif Tentang Stigma. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.S.30 18 Mah c.pdf

Download (481kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.S.30 18 Mah c.pdf
Restricted to Registered users only until 4 June 2021.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.S.30 18 Mah c.pdf

Download (113kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Menurut berbagai penelitian pemberian cap terhadap orang dengan HIV & AIDS (ODHA) sudah umum terjadi. Pemberian cap ini menimbulkan diskriminasi terhadap penderita. Kehilangan hak-hak sebagai makhluk sosial merupakan salah satu dampaknya. Penelitian ini mencoba untuk melihat bagaimana cap negatif itu di berikan kepada Orang Dengan HIV dan AIDS (ODHA), serta hal-hal spesifik yang berkaitan dengan cap sosial tersebut. Sebagai pijakan awal (point of departure) untuk menghasilkan analisis yang relevan dengan pengalaman individu. Peneliian ini menggunakan teori interaksi simbolik yang dikemukakan oleh Blumer, teori labelling dari Howard Becker, teori paranoia sosial yang dikemukakan oleh Edwin M Lemert dan teori stigma Erving Gofman. Informan yang terdapat dalam kajian ini adalah masyarakat yang dilingkungan tempat tinggalnya terdapat penderita HIV yang dikucilkan, terdapat enam informan yang terlampir, dan empat profil penderita HIV. Teknik penentuan informan yang digunakan peneliti adalah teknik snowball dan metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam. Kajian ini menyimpulkan bahwa penderita HIV & AIDS pada masyarakat yang peneliti teliti memberikan cap negatif, pemberian cap negatif tersebut menyebabkan diskriminasi dalam masyarakat seperti pengucilan, penolakan, penghindaran. Dan proses pemberian label negatif dalam masyarakat tersebut terjadi karena melihat keseharian dai penderita HIV, minim pengetahuan HIV & AIDS, perubahan fisik, dan adanya provokator.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.S.30/18 Mah c
Uncontrolled Keywords: HIV & AIDS, labelling, diskriminasi
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM706 Social structure
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > HN1-995 Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
INDAH MAHARANI, 071411431006UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEmy Susanti, Prof., Dr., Dra., MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 03 Jun 2018 18:57
Last Modified: 03 Jun 2018 18:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/72470
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item