EFEKTIVITAS PENERAPAN E-COMMERCE DALAM PERKEMBANGAN USAHA KECIL MENENGAH DI SENTRA INDUSTRI SANDAL DAN SEPATU WEDORO KABUPATEN SIDOARJO

Yuswan Tio Arisandi, 071411131071 (2018) EFEKTIVITAS PENERAPAN E-COMMERCE DALAM PERKEMBANGAN USAHA KECIL MENENGAH DI SENTRA INDUSTRI SANDAL DAN SEPATU WEDORO KABUPATEN SIDOARJO. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.AN.21 18 Ari e.pdf

Download (33kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.AN.21 18 Ari e.pdf
Restricted to Registered users only until 5 June 2021.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.AN.21 18 Ari e.pdf

Download (61kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan memperoleh gambaran secara rinci terkait dengan efektivitas penerapan E-Commerce dalam perkembangan UMKM di sentra industri sandal dan sepatu wedoro Kabupaten Sidoarjo serta faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi efektivitas penerapan E-Commerce di sentra usaha tersebut. Untuk mengetahui efektif atau tidaknya penerapan ECommerce, penelitian ini menggunakan tiga pendekatan yang meliputi pendekatan sumber, pendekatan proses, dan pendekatan sasaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif yang berupaya untuk menggambarkan dan memahami secara mendalam suatu fenomena. Lokasi penelitian dilaksanakan di kantor Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Sidoarjo dan sentra usaha sandal dan sepatu wedoro. Informan yang dipilih dalam penelitian adalah pejabat struktural, staff pelayanan, pelaku usaha, dan pelanggan yang memiliki keterkaitan dengan penggunaan ECommerce. Teknik penentuan informan dilakukan secara purposive sampling dan snowball sampling untuk pihak pemerintah melalui key informan begitu pula dengan pelaku usaha dan pelanggan. Data terkumpul diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan dan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa efektifitas penerapan E-Commerce dalam perkembangan UMKM telah efektif. Karena telah memenuhi dua dari tiga aspek efektivitas yakni pendekatan proses dan pendekatan sasaran. Selain itu faktor-faktor efektivitas penerapan E-Commerce juga telah ditunjukkan dengan adanya faktor organizational, faktor teknologi dan faktor lingkungan. Meskipun demikian ada ukuran yang belum mampu dipenuhi sehingga efektifitasnya dirasa kurang, yaitu ukuran efektifitas dari pendekatan sumber. Oleh karena itu, peneliti memberi saran kepada dinas koperasi dan UMKM Kabupaten Sidoarjo untuk segera membuat platform E-Commerce milik pemerintah kabupaten sendiri agar memenuhi ukuran efektifitas dari pendekatan sumber, sehingga pembangunan ekonomi melalui sektor umkm bisa dirasakan oleh wilayah Kabupaten Sidoarjo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.AN.21/18 Ari e
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, UMKM, Pembangunan Ekonomi
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF1-6182 Commerce
H Social Sciences > HF Commerce > HF5428-5429.6 Retail trade
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
Yuswan Tio Arisandi, 071411131071UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRoestoto Hartojo, Drs., SU.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 04 Jun 2018 20:56
Last Modified: 04 Jun 2018 20:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/72510
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item