PENGARUH SUPERVISORY ORIENTATION TERHADAP KNOWLEDGE MANAGEMENT DAN GOAL ORIENTATION SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. STUDI PADA KARYAWAN BIDANG VEPIK PT SUCOFINDO CABANG SURABAYA

DZULJANAHAIN HAKIM AKBAR NAKA DIRAL, 041411231118 (2018) PENGARUH SUPERVISORY ORIENTATION TERHADAP KNOWLEDGE MANAGEMENT DAN GOAL ORIENTATION SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. STUDI PADA KARYAWAN BIDANG VEPIK PT SUCOFINDO CABANG SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_B.126 18 Dir p.pdf

Download (27kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_B.126 18 Dir p.pdf
Restricted to Registered users only until 21 June 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Knowledge Management merupakan faktor penting yang memiliki proses sistematis dan integratif dalam mengelola organisasi sehingga menciptakan nilai kompetitif bagi perusahaan. Upaya tersebut membutuhkan peran dari Supervisor yang dapat mengoptimalkan motivasi Goal Orientation karyawan, sehingga dapat diterapkannya Knowledge Management yang dapat memberikan manfaat positif bagi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Supervisory Orientation terhadap Knowledge Management dengan mediasi Goal Orientation. Variabel-variabel dalam penelitian ini antara lain End Result Supervisory Orientation, Activity Supervisory Orientation, Capability Supervisory Orientation, Learning Goal Orientation, Performance Goal Orientation, dan Knowledge Management. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan kuisioner dan metode PLS dengan menggunakan SmartPLS3. Responden dalam penelitian ini ialah karyawan PT Sucofindo cabang Surabaya bidang Vepik yang berjumlah 47 orang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh dan signifikan antara End Result Supervisory Orientation terhadap Learning Goal Orientation, Activity Supervisory Orientation terhadap Learning Goal Orientation dan Performance Goal Orientation, Capability Supervisory Orientation terhadap Learning Goal Orientation. Namun dalam penelitian ini juga menunjukan pengaruh namun tidak signifikan antara End Result Supervisory Oreintation Terhadap Performance Goal Orientation serta Capibility Supervisory Orientation terhadap Performance Goal Orientation. Pada penelitian ini juga menunjukan bahaw terdapat pengaruh dan signifikan antara Learning Goal Orientation terhadap Knowledge Management, Performance Goal Orientation terhadap Knowledge Management. Selain itu, menunjukan pengaruh dan signifikan Goal Orientation sebagai mediasi pada karyawan PT Sucofindo cabang Surabaya Bidang Vepik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B.126/18 Dir p
Uncontrolled Keywords: Supervisory Orientation, Knowledge Management, Goal Orientation
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HF Commerce > HF5546-5548.6 Office management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
DZULJANAHAIN HAKIM AKBAR NAKA DIRAL, 041411231118UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPraptini Yulianti, Dr., Dra., Ec., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 20 Jun 2018 19:10
Last Modified: 20 Jun 2018 19:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/72592
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item