PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP TURNOVER INTENTION DENGAN MEDIASI KOMITMEN AFEKTIF DAN LEADER-MEMBER EXCHANGE PADA PERAWAT RUMAH SAKIT WIJAYA SURABAYA

RIZAL ROSADI, 041311233120 (2018) PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL TERHADAP TURNOVER INTENTION DENGAN MEDIASI KOMITMEN AFEKTIF DAN LEADER-MEMBER EXCHANGE PADA PERAWAT RUMAH SAKIT WIJAYA SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_B.128 18 Ros p.pdf

Download (34kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_B.128 18 Ros p.pdf
Restricted to Registered users only until 21 June 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pemanfaatan sumber daya yang baik menjadi kunci penting dalam mencapai tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan. Kesuksesan perusahaan bergantung pada kemampuan untuk mengelola sumber daya manusia. Mempertahankan sumber daya manusia yang berkualitas adalah salah satu perhatian penting bagi perusahaan saat ini karena memberikan sumber utama keuntungan kompetitif pada perusahaan. Perusahaan tentu akan berupaya mempertahankan karyawan yang berkualitas agar tetap bekerja di perusahaan. Namun, fenomena yang seringkali terjadi adalah tidak sedikit karyawan yang berkeinginan untuk berpindah (turnover intention) yang berujung pada keputusan karyawan untuk meninggalkan pekerjaannya dan pergi dari perusahaan tempat mereka bekerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kepemimpinan Transformasional terhadap Turnover Intention dengan mediasi Komitmen Afektif dan Leader-Member Exchange. Variabel-variabel yang digunakan dalam penelitian ini antara lain Kepemimpinan Transformasional, Komitmen Afektif, Leader-Member Exchange, dan Turnover Intention. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan kuesioner dan metode Partial Least Square (PLS) serta Sobel Test untuk menguji efek mediasi. Responden dari penelitian ini adalah perawat Rumah Sakit Wijaya Surabaya sebanyak 49 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kepemimpinan Transformasional berpengaruh tidak signifikan terhadap Turnover Intention. Sedangkan Komitmen Afrktif dan Leader-Member Exchange secara signifikan memediasi hubungan antara Kepemimpinan Transformasional dengan Turnover Intention.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B.128/18 Ros p
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Transformasional, Komitmen Afektif, Leader- Member Exchange, Turnover Intention.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
RIZAL ROSADI, 041311233120UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAnis Eliyana, Prof., Dr., SE., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 20 Jun 2018 19:27
Last Modified: 20 Jun 2018 19:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/72596
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item