HUBUNGAN SELF-REGULATED LEARNING DAN KUALITAS TIDUR DENGAN PERFORMA AKADEMIS PADA MAHASISWA YANG MENGALAMI SLEEP DEPRIVATION

Naventa Audinata, 111411131099 (2018) HUBUNGAN SELF-REGULATED LEARNING DAN KUALITAS TIDUR DENGAN PERFORMA AKADEMIS PADA MAHASISWA YANG MENGALAMI SLEEP DEPRIVATION. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak psi 76 18.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (fulltext)
psi 76 18 Aud h.pdf
Restricted to Registered users only until 25 June 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Performa akademis merupakan aspek yang penting bagi mahasiswa. Kesenjangan yang dapat terjadi antara tingkat performa akademis saat ini dengan target yang telah ditentukan menjadi alasan mengapa penelitian terkait faktorfaktor performa akademis perlu untuk dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan self regulated learning (X1) dan kualitas tidur (X2) dengan performa akademis pada mahasiswa yang mengalami sleep deprivation. Performa akademis dilihat melalui indeks prestasi, self-regulated learning (SRL) diukur berdasarkan aspek kognisi, afektif, dan perilaku (Pintrich, dkk. 1990), sedangkan kualitas tidur diukur melalui penilaian tidur subjektif, latensi, durasi, efisiensi, gangguan tidur, disfungsi siang hari, dan pengunaan obat tidur (Buysee, Reynolds, Monk, Berman, & Kupfer, 1989). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei menggunakan skala Motivated Strategies for Learning Questionnaire (α=0,932) untuk mengukur SRL, Pittsburgh Sleep Quality Index (α=0,718) untuk mengukur kualitas tidur, dan indeks prestasi untuk performa akademis. Penelitian ini melibatkan 389 mahasiswa yang mengalami sleep deprivation dari berbagai universitas, institut, maupun sekolah tinggi di Indonesia. Analisis data dilakukan menggunakan teknik korelasi berganda dengan SPSS. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan (R=0,228, p<0,05) antara SRL dan kualitas tidur dengan performa akademis. Selain itu, penelitian ini mengungkapkan bahwa SRL dan kualitas tidur secara bersama-sama memberikan kontribusi kepada performa akademis sebanyak 5,2% (p<0,05).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Psi 76 18 Aud h
Uncontrolled Keywords: performa akademis, self-regulated learning, kualitas tidur, sleep deprivation, mahasiswa
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Naventa Audinata, 111411131099UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDuta Nurdibyanandaru, Dr. , MSUNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 24 Jun 2018 22:48
Last Modified: 24 Jun 2018 22:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/72625
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item