STEREOTYPE PROFESI AUDITOR EKSTERNAL (Studi Kasus pada Program Magang Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga di KAP dan Non-KAP)

DERY HALIM ZHAFIR, 041411331267 (2018) STEREOTYPE PROFESI AUDITOR EKSTERNAL (Studi Kasus pada Program Magang Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga di KAP dan Non-KAP). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_A.158 18 Zha s.pdf

Download (216kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_A.158 18 Zha s.pdf
Restricted to Registered users only until 25 June 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Profesi seorang auditor eksternal dianggap profesi yang paling prestige dan menjanjikan masa depan yang cerah dengan sumber pendapatan yang diterima cukup besar. Sikap profesionalisme auditor eksternal mempengaruhi kualitas kinerja Kantor Akuntan Publik (KAP). Stereotype dapat dikatakan suatu gambaran individu pada kondisi saat ini tanpa mengetahui secara pasti. Peluang mahasiswa untuk mengetahui kondisi pasti mengenai auditor eksternal salah satunya melalui program magang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan stereotype seorang auditor eksternal oleh mahasiswa magang di KAP dan non-KAP, dan juga perbedaan stereotype auditor eksternal oleh mahasiswa magang dan tidak magang. Penelitian ini dilakukan dengan model penyebaran kuesioner kepada mahasiswa akuntansi bagi yang magang di KAP, magang di non-KAP, dan tidak magang di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Surabaya. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Surabaya. Sampel dalam penelitian ini ditentukan sejumlah 90 mahasiswa dengan masing-masing 30 mahasiswa magang di KAP, 30 mahasiswa magang di non-KAP, dan 30 mahasiswa tidak magang. Pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji beda menggunakan Mann Withney U Test dengan bantuan software SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara mahasiswa magang di KAP dan mahasiswa magang di non-KAP terhadap stereotype auditor eksternal ditunjukkan dengan nilai Assymptotic Significance sebesar 0,548 > 0,05. Terdapat perbedaan yang signifikan antara mahasiswa magang dan tidak magang terhadap stereotype auditor eksternal ditunjukkan dengan nilai Assymptotic Significance sebesar 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A.158/18 Zha s
Uncontrolled Keywords: Stereotype, Auditor Eksternal, Magang.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF1-6182 Commerce
H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ9701-9940 Public accounting. Auditing
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
DERY HALIM ZHAFIR, 041411331267UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorArdianto, Dr., SE., MSi., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 24 Jun 2018 18:59
Last Modified: 24 Jun 2018 18:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/72651
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item